PT. SUN STAR MOTOR SMG

Jl. Perintis Kemerdekaan 16 A, Banyumanik - SMG

Menu

3 Penyebab Mesin Mobil Sering Mati Mendadak Saat Dikendarai

Thursday, January 31st 2019.

Mesin mobil yang bermasalah tentu saja akan membuat berkendara menjadi kurang nyaman selama perjalanan. Sehingga penting rasanya bagi setiap pemilik mobil untuk selalu melakukan perawatan mesin mobil agar kinerja mesin maksimal dan terhindar dari bermacam resiko kerusakan. Salah satu masalah yang diakibatkan dari mesin yang kurang dirawat adalah mesin mobil sering mati mendadak saat dikendarai. Tentu saja hal seperti ini tidak dapat dibiarkan terus menerus. Penting untuk mengetahui penyebabnya dan mencari solusi mengatasinya. Lalu apa yang menjadi penyebab mesin mobil yang sering mati mendadak serta cara mengatasinya? Berikut ini penjelasannya.

1. Tidak Ada Suplai Bahan Bakar Ke Mesin

Bahan bakar menjadi sumber tenaga untuk mobil anda. Jika suplay bahan bakar yang menuju mesin terganggu bahkan tidak ada, maka tentu saja akan  menyebabkan mesin mobil menjadi mati mendadak saat dikendarai. Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi hal ini, salah satu nya yaitu indikator bbm yang mengalami error dan menipu pengendara. Misalnya anda melihat jika indikator bbm anda penuh, namun ternyata bahan bakar yang ada di dalam tangki sudah habis.

Hal ini umumnya disebabkan karena pelampung bahan bakar yang mengalami kemacetan akibat penyok atau benturan. Selain itu pompa bensin yang rusak juga seringkali membuat bahan bakar tidak dapat naik ke mesin. Dan untuk mobil injeksi, bisa jadi ini disebabkan karena immobilizer sehingga membuat injektor tidak dapat menghembuskan bahan bakar menuju mesin mobil.

2. Mesin Mobil Mengalami Overheat

Mesin mobil yang mengalami panas terlalu tinggi atau overheat juga dapat menyebabkan mobil tiba-tiba mati mendadak saat dikendarai. Pada kasus-kasus umumnya, penyebab mesin mobil cepat panas bisa terjadi karena mobil yang dipaksa bekerja keras non stop 1-2 hari. Sehingga jika anda menggunakan mobil terus menerus, maka usahakan untuk mengecek temperatur agar jangan sampai melebihi 3/4. Mesin mobil yang overheat dapat menyebabkan mesin mati mendadak dan beresiko menimbulkan kerusakan pada komponen-komponen lainnya di dalam mesin.

 3. Kerusakan Pada Radiator

Komponen radiator merupakan salah satu komponen yang cukup penting dalam kendaraan karena fungsinya yang dapat mendinginkan mesin kendaraan. Disaat suhu mesin meningkat, maka radiator akan mendinginkannya agar tidak terjadi overheat. Namun jika kondisi radiator rusak, maka tentu saja akan menyebabkan mesin menjadi panas dan mati mendadak saat dikendarai.

Ada 2 hal yang dapat menyebabkan kondisi radiator rusak, yang pertama adalah kerusakan pada kipas radiator. Jika kipas radiator rusak, maka akan menyebabkan mesin menjadi cepat panas. Untuk itu cek putaran kipas, apakah berputar atau tidak. Jika tidak, maka segera lakukan perbaikan dengan mengganti kipas radiator. Selain itu air radiator yang habis juga dapat membuat mobil menjadi panas dan membuat mesin mati mendadak. Untuk itu cek selalu volume air radiator mobil anda. Jangan sampai kurang atau bahkan habis.

4. Gangguan Sistem Kelistrikan

Penyebab lainnya dari mesin mobil sering mati mendadak. Jika sistem kelistrikan mobl terganggu, maka akan menyebabkan arus listrik yang menuju koil menjadi tersendat atau hilang. Arus listrik ini lah yang membuat bunga api, jika sistem kelistrikan mati maka akan menyebabkan sistem pengapian ikut mati. Sehingga tidak ada pembakaran yang terjadi di dalam mesin mobil.

 

Mobil Terbaru

Best Seller
Best Seller
Limited

Related Article 3 Penyebab Mesin Mobil Sering Mati Mendadak Saat Dikendarai

CD tidak bisa diputar di mobil – pernahkah anda mengalami kejadian dimana ketika anda hendak memutar lagu kesayangan dari CD yang dibeli di pinggir jalan kedalam…

Tuesday 25 December 2018 | News & Info

Mobil yang sudah mempunyai jam terbang tinggi namun tidak diperhatikan proses perawatannya, lama kelamaan akan semakin mengalami penurunan peforma secara signifikan. Pada akhirnya, sewaktu –…

Memiliki mobil yang langsam atau stabil saat berjalan adalah idaman para pemilik, bagi pemula atau yang baru membeli mobil second kadang-kadang menjadi sangat bingung karena…

Please follow & like us :)

Follow by Email
Facebook
Facebook
Twitter
Visit Us