PT. SUN STAR MOTOR SMG

Jl. Perintis Kemerdekaan 16 A, Banyumanik - SMG

Menu

AC Mobil Bunyi Mendesis

Thursday, January 31st 2019.

Penyebab :

Ada banyak masalah sistem AC mobil yang kadang membuat pemilik mobil bingung, salah satunya ketika AC yang kadang dingin kadang tidak, dan ada pula masalah bunyi desis yang keluar dari kisi-kisi AC ketika AC dinyalakan. Kira-kira apa penyebabnya ?

AC mendesis bisa saja menjadi hal yang wajar, karena bunyi desisan ini berasal dari katup ekspansi yang letaknya didekat evaporator. Sementara evaporator, terletak didalam dashboard mobil.

Biasanya bunyi desisan yang wajar terjadi ketika AC baru dinyalakan.
Ketika kompresor terhubung, maka akan timbul bunyi desis dari kisi-kisi AC sekitar beberapa saat. Bunyi desis ini terjadi karena freon dari kompresor melewati celah kecil pada katup ekspansi.

Dan bunyi desis akan berhenti ketika kipas pendingin sudah berputar dengan sempurna. Saat kondisi ini, tidak ada kerusakan apapun.

Sehingga kalau AC mobil mendesis namun AC masih dingin seperti biasanya maka itu masih normal.

AC mendesis bisa karena katup ekspansi mampet

Di dalam expansion valve, itu ada sebuah lubang kecil yang dijadikan tempat untuk mengeluarkan freon cair dari saluran tekanan tinggi ke dalam evaporator yang memiliki tekanan rendah.

Saat freon melewati lubang ini, maka akan timbul suara desisan. Dan semakin deras aliran freon maka semakin keras puila suara desisnya. Kalau lubang pada expansi kotor, maka itu akan mempercepat aliran freon.

Sehingga, bunyi desisan ini muncul hingga terdengar hingga kisi – kisi AC.

Freon kurang juga bisa menyebabkan AC mendesis

Saat freon kurang, maka kompresor akan menekan freon lebih kencang agar sistem pendinginan didalam evaporator berlangasung baik. Ini dapat dilihat dari kopling magnet yang terus terhubung meski mesin digas.

Imbasnya, aliran freon yang melewati katup expansi juga semakin deras. Sehingga AC akan mendesis sepanjang AC dinyalakan.

Solusi :

Pertama adalah memeriksa tekanan freon yang seharusnya tidak boleh kurang dari 2 kg. Sebab jika tekanan freon sudah melemah, berarti ada kebocoran atau kerusakan pada kompresor dan bagian part lainnya.

Selain tekanan Freon, cek juga kevakuman kompresor. Pasalnya komponen ini harus mampu memberikan tekanan agar sirkulasi freon berjalan dengan lancar. Sebab jika kevakuman ikut melemah, artinya ada masalah pada kompresor yang dapat memperparah kerusakan pada komponen lainnya.

Agar lebih maksimal mendeteksi kerusakan AC mobil, saat cek freon dan kompresor baiknya sekalian memeriksa bearing magnetic clutch yang menempel pada kompresor. Sebab jika komponen ini sudah tidak maksimal memberikan bantalan putar dan macet, lalu didiamkan akan timbul panas hingga terbakar.

Mobil Terbaru

Limited
Best Seller
Best Seller

Related Article AC Mobil Bunyi Mendesis

Monday 3 July 2017 | News & Info

Sekencang dan secangih apapun sebuah kendaraan baik mobil/motor pasti memiliki batas kecepatan maksimum yang harus kita ketahui. Saat Anda melakukan perjalanan jauh seperti mudik sebaran saat ini, pasti memacu…

Bagaimana mengatasi suara knocking (ngelitik) pada saat putaran mesin (RPM) rendah, yang juga sering dijumpai adalah penyakit ngelitik saat mobil melaju kencang di RPM tinggi.…

Tuesday 4 July 2017 | News & Info

 Center ring merupakan komponen penting yang harus ada pada kendaraan Anda. Dalam pemanfaatannya center ring berfungsi untuk menumpu tempat velg sebagai presisi. Jika kita perhatikan tidak ada velg…

Please follow & like us :)

Follow by Email
Facebook
Facebook
Google+
http://mitsubishismg.com/ac-mobil-bunyi-mendesis
Twitter
Visit Us