PT. SUN STAR MOTOR SMG

Jl. Perintis Kemerdekaan 16 A, Banyumanik - SMG

Menu

Apa Penyebab Bertambahnya Usia Mobil Makin Boros BBM?

Thursday, June 1st 2017.

Memiliki mobil irit menjadi dambaan bagi setiap orang. Dengan memiliki mobil iriit maka Anda tidak perlu sering-sering mengeluarkan kocek untuk membeli bahan bakar untuk operasional sehari-hari. Ada suggesti bahwa mobil irit bahan bakar biasanya mobil keluaran terbaru yang memiliki spesifikasi mesin yang lebih bagus, teknologi lebih canggih dan komponen mesin mobil yang masih baru bila dibandingkan dengan mobil-mobil sebelumnya.

Memang benar bahwa irit atau tidaknya sebuah mobil dapat dikarenakan usia mobil tersebut. Mobil yang sudah lama dan sudah berumur biasanya mengalami kendala dan permasalahan dalam performa mesinnya. Performa kinerja mesin pada mobil yang sudah berumur biasanya akan terus menurun pada titik tertentu. Bukan hanya itu saja semakin bertambahnya usia mobil juga dapat menyebabkan mobil makin boros bahan bakar.

Sebenarnya mobil yang boros BBM bukan hanya disebabkan oleh semakin bertambahnya usia mobil tersebut, akan tetapi juga terdapat beberapa banyak faktor lain yang menyebabkan borosnya bahan bakar suatu kendaraan.

Baca juga :

Jenis, Fungsi Dan Beberapa Akibat Ukuran Center Ring Tidak Sesuai Velg

Faktor lain yang sering menjadi penyebab borosnya bbm mobil yakni kepala dan sumbu busi yang terlalu regang. Kepala dan sumbu busi yang terlalu regang menyebabkan pembakaran yang tidak sempurna sehingga berimbas pada bahan bakar mobil menjadi boros, penjabarannya yakni pembakaran tidak sempurna menimbulkan tenaga yang dihasilkan tidak maximal dan bahan bakar yang dihasilkan akan terbuang sia-sia. Bukan hanya itu saja setelan karburator yang tidak pas dan bermasalah membuat campuran bahan bakar dan angina tidak sempurna dan tentunya membuat mobil menjadi boros bahan bakar.

Mobil yang hemat bahan bakar bisa Anda dapatkan dengan cara menjaga kinerja mobil terutama performa mesinnya. mobil yang memiliki mesin dan performa yang bagus dapat membuat mobil Anda menjadi lebih hemat bahan bakar.

Mobil yang sudah tua semestinya membuat kinerja mobil semakin menurun. Namun terdapat beberapa tips dan cara yang dapat Anda lakukan untuk menjaga performa mobil tetap prima meskipun usia mobil terus bertambah. Untuk penjelasan lebih lengkapnya Anda bisa menyimak ulasan dibawah ini.

Tips Dan Cara Menjaga Performa Mobil Tetap Prima Dan Hemat BBM Meskipun Dimakan Usia

Baca juga : Bahaya dan resiko apabila pakai penghemat bbm kendaraan.

Mobil yang terjaga dan terawat meskipun sudah dimakan usia akan hemat bahan bakar layaknanya mobil baru. Untuk mendapatkan mobil dengan usia yang lebih panjang dan juga menjaga mobil tetap irit, Anda dapat melakukan dengan mudah langkah-langah mudah berikut ini.

Melakukan Perawatan Rutin/berkala Agar Mobil Tetap Irit

Perawatan rutin dapat membuat kinerja mobil semakin lebih baik. Selain itu dengan melakukan perawatan rutin, usia mobil akan lebih panjang dan menjadikan mobil Anda tetap irit dan tentunya akan lebih mudah untuk kita dalam merawatnya.

Perawatan berkala yang dapat Anda lakukan adalah dengan memeriksa mesin dan perangkat yang ada dalam mobil. Jika terdapat mesin dan komponen yang sudah rusak sebaiknya gantilah dengan yang baru dan berkualitas. Jangan lupa juga untuk mengganti oli secara rutin. Karena telat service jauh lebih baik dari pada telat oli mesin.

Membersihkan dan Memoles Mobil

Membersihkan dan memoles mobil berguna agar mobil terhindar dari karatan. Bukan hanya itu saja dengan memoles mobil secara rutin dapat membuat mobil Anda terlihat lebih baru. Anda dapat memoles mobil dengan menggunakan wax.

Rajin Melakukan Servis

Mempertahankan mobil irit seperti baru sangat mungkin terjadi jika Anda servis berkala secara rutin di bengkel resmi atau yang teruji. Perawatan dan tindakan mekanik saat menerima service dari konmumen bengkel adalah dengan memperbaiki dan mengganti komponen mobil yang sudah rusak. Catatan : *Sangat disarankan untuk memeriksakan mobil pada mekanik yang sudah mengetahui riwayat mobil Anda.

Mengemudikan Mobil Secara Halus / Langsam / Stabil

Mengemudi secara ugal-ugalan dan tidak beraturan dapat membuat mesin mobil cepat rusak. Hal ini dapat berimbas pada suspensi, bearing, dan velg. Untuk menjaga mesin mobil tetap baik sebaiknya mengemudikan mobil dengan benar. Pada initinya jika ada pertanyaan mobil tua lebih boros bbm dibandingkan mobil baru jawabannya adalah benar, akan tetapi kita tetap bisa menjaga agar mobil tua tetap hemat bbm seperti mobil baru.

Demikian ulasan artikel ini mengenai benar atau tidaknya semakin tua usia mobil makin boros bbm, dan beberapa penyebab serta tips mengatasinya. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

Mobil Terbaru

Best Seller
Best Seller
Limited
Best Seller

Related Article Apa Penyebab Bertambahnya Usia Mobil Makin Boros BBM?

Thursday 1 June 2017 | News & Info

Untuk sobat yang baru saja membeli mobil baik itu mobil baru maupun bekas pastinya perlu perawatan yang benar agar selain awet mobil juga tetap terlihat…

Thursday 5 January 2017 | News & Info

Tips Mudah Merawat Knalpot Mobil yang Baik dan Benar dealer resmi mitsubishi semarang: Bagi sebagian orang, mungkin masih banyak yang menganggap jika knalpot pada mobil…

Sunday 29 October 2017 | News & Info

Tokyo, KompasOtomotif – Setelah membangun pusat perakitan dan produksi di Indonesia, Mitsubishi Motors Corporation (MMC) akan terus melanjutkan komitmennya terhadap kemajuan industri dalam negeri. Pabrikan Jepang ini berharap dapat…

Please follow & like us :)

Follow by Email
Facebook
Facebook
Google+
http://mitsubishismg.com/apa-penyebab-bertambahnya-usia-mobil-makin-boros-bbm
Twitter
Visit Us