PT. SUN STAR MOTOR SMG

Jl. Perintis Kemerdekaan 16 A, Banyumanik - SMG

Menu

Ayo Perhatikan! Ini Dia 7 Lampu Indikator Mobil yang Penting Diketahui

Saturday, January 19th 2019.

Mengenali keadaan kendaraan Anda dengan baik merupakan salah satu cara untuk bisa menjaga kondisinya. Tidak perlu pusing mengecek tiap bagiannya. Anda hanya cukup mengenalinya lewat lampu indikator mobil yang sudah terpasang.

Ada cukup banyak lampu indikator yang terdapat pada tiap mobil. Kenali 7 indikator berikut agar berkendara lebih aman dan Anda dapat mendeteksi masalah pada mobil sedini mungkin.

#1: Indikator Check Engine

Check Engine On

Salah satu lampu indikator mobil yang paling krusial untuk diketahui ialah Malfunction Indicator Lamp (MIL) atau sering disebut juga lampu check engine.

Normalnya, saat Anda memasukkan kunci ke dalam lubang, lalu memutar kunci ke posisi ON, maka lampu indikator ini akan menyala. Setelah Anda men-starter mesin, maka lampu indikator mobil ini akan mati. Jika mesin sudah menyala namun lampu indikator check engine juga masih menyalaitu berarti ada masalah pada mesin mobil Anda dan harus segera dicek.

#2: Indikator Sabuk Pengaman

Lampu Indikator Seatbelt

Keamanan dalam berkendara merupakan hal yang harus diprioritaskan. Itulah mengapa tiap pabrikan mobil selalu menyertakan lampu indikator ini.

Saat sabuk belum dipasang oleh penumpang, khususnya pengendara, maka lampu akan menyala. Pada mobil-mobil keluaran terbaru, indikator ini bukan hanya berupa lampu, namun juga suara yang cukup nyaring. Sepanjang pengemudi belum memasang safety belt, suara pun akan terus-menerus berbunyi.

#3: Tanda “SRS”

Lampu Indikator Airbag

Jika Anda melihat lampu indikator bertuliskan “SRS” atau gambar orang duduk memangku bulatan, itu berarti mobil Anda sudah dilengkapi dengan airbag. Fungsi dari airbag itu sendiri adalah untuk melindungi penumpang mobil ketika terjadi tabrakan.

Sama seperti safety belt, indikator ini pun sangat penting untuk diperhatikan untuk keamanan Anda. Jika menyala, ini berarti terjadi malfungsi pada sistem airbag mobil Anda. Segera cek kenapa lampu indikator ini menyala agar airbagmobil Anda bisa berfungsi normal apabila terjadi tabrakan.

 

#4: Indikator Suhu Mobil

Lampu Indikator Temperatur

Seringkali pengemudi tidak memperhatikan indikator suhu atau temperatur mesin pada dashboard mobil. Lalu mesin tiba-tiba saja mengeluarkan asap akibat overheat. Sangatlah penting untuk memperhatikan indikator suhu mesin setiap saat!

Bila indikator suhu menunjukkan warna kuning/oranye, itu berarti temperatur mesin masih dalam keadaan sedang. Apabila indikatornya menunjukkan warna merah, Anda harus langsung waspada! Matikan mobil dan menepilah.

Mobil Terbaru

Best Seller
Best Seller
Promo
Limited

Related Article Ayo Perhatikan! Ini Dia 7 Lampu Indikator Mobil yang Penting Diketahui

metode memeriksa instrumen mobil bekas mesti kalian ketahui bagi kamu yang hendak mendapatkan mobil bekas bermutu. ketika ini mobil ialah peranti pemindahan yang sebagai keinginan…

teknik mengontrol jentera mobil bekas wajib kamu kenali menurut kalian yang ingin mendapati mobil bekas berbobot. saat ini mobil merupakan perkakas pemindahan yang menjadi kepentingan…

Salah satu resiko yang meneror para pemilik alat transportasi gelindingan empat alias mobil yakni instrumen kehangatan (overheat). apabila mobil kalian memiliki permasalahan tersebut hati-hati, akhirnya…

Please follow & like us :)

Follow by Email
Facebook
Facebook
Twitter
Visit Us