PT. SUN STAR MOTOR SMG

Jl. Perintis Kemerdekaan 16 A, Banyumanik - SMG

Menu

Cara Mengetahui Tanda-tanda Fuel Pump Mengalami Masalah

Wednesday, January 16th 2019.

Fuel pump atau yang biasa dikenal pompa bensin adalah salah satu komponen yang sangat penting. Fuel pump atau pompa bensin adalah salah satu komponen yang memompa dan mengalirkan bensin dari tanki ke karburator. Fuel pump sendiri tidak sedikit di pakai di semua jenis kendaraan seperti motor dan mobil. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas masalah fuel pump khusus untuk mobil saja.

Tidak sedikit pengguna mobil menyepelekan untuk memeriksa komponen penting yang satu ini. Tetapi saat terjadi masalah sudah dapat di pastikan bahwa anda selaku pemilik sekaligus pengguna mobil akan panik dan bingung karena dapat membuat mesin mobil menjadi brebet, tidak memiliki tenaga dan tidak dipungkiri dapat mati secara tiba-tiba saat sedang digunakan. Masalah yang muncul pada fuel pump sendiri sangat beraneka ragam, mulai dari kondisi fuel pump yang lemah hingga mati total. Pada saat kondisi mesin belum mengalami mati total seharusnya fuel pump sudah dapat di prediksi, agar mobil tidak mogok saat berada di perjalanan.

Anda dapat dengan mudah mengetahui tanda-tanda dari fuel pump yang telah lemah hingga mengakibatkan mesin mati total. Merasakan performa mesin adalah salah satu hal pertama agar mobil anda tidak langsung mogok hanya karena sebuah fuel pump atau pompa bensin mengalami kendala. Biasanya penurunan pada performa mesin yang disebabkan oleh fuel pump yaitu mobil sulit untuk di starter, mesin brebet saat di gas dan mesin akan mati total saat sedang dikendarai. Di bawah ini adalah beberapa solusi saat fuel pump mengalami masalah.

  1. Coba lakukan pemeriksaan dengan cara membuka tutup bensin pada mobil anda. Kemudian kontaklah pada posisi ON. Jika tidak terdengar suara dengung yang keluar dari dalam tangki maka sudah dapat di pastikan bahwa fuel pump mobil anda sudah lemah atau bahkan mati. Tetapi, anda perlu mengetahui terlebih dahulu, disarankan untuk tidak langsung mengganti fuel pump anda dengan yang baru, karena belum tentu fuel pump pada mobil anda mati total. Atau mungkin bisa saja sekring pada fuel pump yang terletak di dalam kap mesin tersebut yang mati.

 

  1. Lakukan pemeriksaan terlebih dahulu pada sekring fuel pump. Sekring fuel pump biasanya terletak di dalam kap mesin pada bagian depan mesin. Biasanya sekring ini menyatu dengan beberapa sekring lainnya, seperti sekring starter, sekring lampu dan lainnya. Cobalah cabut dan periksa satu-satu sekring yang terletak di dalam box sekring, apabila ada yang putus atau terbakar dapat di pastikan bahwa itu adalah sekring fuel pump yang bermasalah. Dan anda tidak harus membuka tangki untuk mengganti fuel pump, cukup mengganti sekring fuel pump tersebut dengan yang baru kemudian dengarkan kembali melalui tangki, apakah terdengar suara dengung dari dalam tangki setelah anda sudah mengganti sekring fuel pump tersebut.

 

  1. Cara terakhir untuk melakukan pemeriksaan pada fuel pump apakah masih bagus atau tidak, anda dapat menyemprotkan carbu cleaner pada karburator atau injeksi anda. Semprotkanlah beberapa kali karbu cleaner dan injak gas secara bersamaan, kemudian lepaskan gas apakah mesin mobil anda mati atau tidak. Apabila mesin mobil anda langsung mati setelah di semprotkan karbu cleaner maka sudah dapat di tebak fuel pump atau pompa bensin sudah melemah. Dan memang sudah waktunya untuk mengganti fuel pump tersebut dengan yang baru agar mesin mobil tidak mengalami penurunan performa dan mati secara tiba-tiba pada saat digunakan.

Mobil Terbaru

Promo
Best Seller
Best Seller
Best Seller

Related Article Cara Mengetahui Tanda-tanda Fuel Pump Mengalami Masalah

Salah satu risiko yang mengancam para pemilik alat transportasi roda empat atau mobil adalah mesin kemarahan (overheat). jika mobil kamu menyandang persoalan tersebut hati-hati, alhasil…

6 kehancuran Kaki Kaki Mobil dan metode mengatasinya untuk kamu yang kerap kali berjalan-jalan memakai mobil, lebih lagi pada jarak yang cukup jauh jelasnya membutuhkan…

Biasanya oli mobil bocor dari mesin terjadi karena ada seal-seal yang sudah rusak. Namun, lebih detail lagi, ada penyebab jelas seal bagian mana yang bocor.…

Please follow & like us :)

Follow by Email
Facebook
Facebook
Twitter
Visit Us