PT. SUN STAR MOTOR SMG

Jl. Perintis Kemerdekaan 16 A, Banyumanik - SMG

Menu

Ingin Laju Mobil Lebih Dinamis? Simak Cara Mengatur Caster Berikut Ini

Monday, November 5th 2018.

Dari konsep Vehicle Dynamic, memang banyak cara untuk meningkatkan performa suatu mobil. Salah satu halnya adalah sesuaikan posisi Steering Axis atau poros kemudi. Proses tersebut lebih kenal dengan sebutan Caster. Ya, pengaturan Caster yang pas nyatanya bisa beri tambahan pengaruh terhadap laju mobil agar menjadi lebih dinamis. Bagaimana caranya? Coba review tips dan langkah cara sesuaikan Caster berasal dari Cintamobil.com.
Sebelum beranjak ke hal tersebut, tersedia baiknya kita mengenal lebih dahulu perihal Vehicle Dynamic. Vehicle Dynamic adalah belajar perihal pola dan respon berasal dari gerak kendaraan. Memang sepertinya hal ini tidak cukup dilirik menarik oleh masyarakat awam tetapi sejatinya banyak hal positif yang di tawarkan oleh Vehicle Dynamics.

1. FUNGSI VEHICLE DYNAMIC
Sebagaimana manfaat kendaraan, membawa penumpang berasal dari area satu ke area target dengan memelihara keselamatan, kenyamanan serta ekonomis. Itulah menjadi target akhir berasal dari Vehicle Dynamic. Namun, di dalam prosesnya terkandung banyak sekali segi yang dikategorikan menjadi tiga hal yakni aksi berasal dari pengendara, segala komponen kendaraan serta respon yang didapat oleh penumpang. Nah, di artikel Cintamobil.com kali ini, Caster mendiami kategori terhadap komponen berkendara.

Vehicle Dynamic sebuah belajar perihal bagaimana pola dan respon berasal dari gerak kendaraan

Vehicle Dynamic menjadi hal yang benar-benar penting di dalam tiap-tiap kendaraan

2. CASTER
Seperti yang udah dijelaskan di awal, proses Caster adalah pengaturan posisi poros kemudi (Steering Axis) ke arah depan atau ke arah belakang berasal dari Vertical Axis. Sejatinya, prosesnya terbagi menjadi dua hal yakni Positive Caster dan Negative Caster. Mudah saja, bila suspensi condong mengarah ke arah bemper depan maka disebut dengan Negative Caster. Sebaliknya, bila posisi suspensi mengarah ke arah Fender atau pintu samping maka disebut Positive Caster. Selengkapnya, Anda bisa lihat gambar di bawah ini.

Caster mobil terbagi menjadi tiga pengaturan yakni Vertical Caster, Positive Caster dan Negative Caster

Skema Caster baik berasal dari posisi positif maupun negatif

3. MENGATUR CASTER
Proses pengaturan Caster benar-benar berdampak terhadap bagaimana proses Vehicle Dynamic berlangsung. Jika dicermati terhadap mobil-mobil baru kala ini, Caster lebih dialokasikan standar untuk meningkatkan keselamatan walaupun digunakan oleh orang yang baru menyetir sekalipun. Perlu kita ingatkan kembali, pengaturan Caster yang akan kita jelaskan di bawah ini, lebih dialokasikan untuk mereka yang udah mumpuni di dalam mengemudikan kendaraan. Mereka yang ingin menentukan posisi Caster biasanya ingin kemudi yang lebih responsif serta performa laju lebih stabil. Penting juga, pengaturan Caster nantinya perlu didampingi oleh teknisi ahli.

Tipe-Tipe Caster didasari berasal dari posisi suspensi atau lebih tepatnya poros kemudi atau Steering Axis

Tipe pengaturan Caster terbagi menjadi tiga yakni Vertical Caster (Standar), Positive Caster dan Negative Caster

Jika pengaturan dirancang dengan mode Positive Caster maka Coilover akan didorong ke bagian belakang mobil. Hasilnya adalah torsi sejajar semakin meningkat. Bahasa umumnya, kapabilitas meluruskan kemudi kala melaju ke depan semakin meningkat agar daya laju mobil akan menjadi stabil di kecepatan tinggi sekalipun. Namun sayangnya, mode pengaturan semacam ini akan beri tambahan beban berat terhadap kemudi setir terlebih kala melakukan manuver. Bahkan disaat kemudi setir berputar, mobil akan sedikit terangkat ke atas bila bobot mobil tidak proporsional. Namun tak perlu khawatir, bila mobil terisi penuh dengan penumpang, laju mobil akan tetap rendah. Di segi lain, fitur Power Steering modern kala ini juga bisa kurangi jenis yang dibutuhkan untuk memutar setirnya. Tak salah, bila banyak orang menentukan untuk mengaplikasikan Positive Caster gara-gara kemudi mobilnya udah menopang Power Steering.

Kelebihan Positive Caster bisa melajukan kendaraan lebih stabil di trek lurus

Positive Caster lebih unggul di dalam hal kestabilan di laju lurus

Beda ceritanya dengan Negative Caster yang bisa memberi keluwesan lebih disaat melakukan manuver. Mode Negative Caster juga beri tambahan pergerakan ban yang adaptif ikuti suasana jalan. Apabila mode layaknya ini diaplikasikan terhadap mereka yang tidak lihai di dalam mengemudikan mobil maka akan sebabkan laju mobil terkesan ugal-ugalan gara-gara kecilnya jenis yang dibutuhkan untuk memutar setir. Uumumnya mode ini diaplikasikan untuk pengemudi udah lihai di dalam melajukan kendaraan.

Kelebihan Negative Caster adalah kemudi setir yang lebih luwes atau ringan

Negative Caster memberi keluwesan disaat melakukan manuver

Terlepas berasal dari pengaturan Caster mana yang hendak Anda gunakan, tetap pastikan posisi Caster tetap simetris dan dipantau langsung oleh teknisi ahli. Positive Caster sendiri lebih condong beri tambahan performa laju lurus yang lebih stabil. Sedangkan Negative Caster, memberi usaha lebih mudah disaat melakukan manuver. Tak lupa juga, tiap-tiap modenya miliki kekurangan yang benar-benar penting untuk Anda pertimbangkan.

Mobil Terbaru

Best Seller
Limited
Promo
Best Seller

Related Article Ingin Laju Mobil Lebih Dinamis? Simak Cara Mengatur Caster Berikut Ini

Salah satu efek yang meneror para pemilik kendaraan roda empat nama lain mobil yakni instrumen kemarahan (overheat). jika mobil kamu mempunyai permasalahan tersebut hati-hati, alhasil…

Salah satu ancaman yang memperingati para pemilik alat transportasi roda empat ataupun mobil yakni pesawat kepanasan (overheat). kalau mobil anda menyandang permasalahan itu hati-hati, akhirnya…

metode memantau alat mobil bekas wajib kamu kenali menurut anda yang ingin mendapatkan mobil bekas berkualitas. saat ini mobil ialah perlengkapan pengangkutan yang selaku kebutuhan…

Please follow & like us :)

Follow by Email
Facebook
Facebook
Twitter
Visit Us