PT. SUN STAR MOTOR SMG

Jl. Perintis Kemerdekaan 16 A, Banyumanik - SMG

Menu

Ini yang Bikin Tenaga Mobil Berkurang dan Boros BBM

Thursday, January 31st 2019.

Otolovers semua ada yang pernah mengalami saat mengendarai mobil dengan kencang tapi tenaga yang dihasilkan oleh mobil itu kurang maksimal walaupun pedal gas yang Anda injak sudah benar-benar pool.

Tenaganya kurang maksimal atau mobil seperti tidak ada tenaganya. Jika hal ini terjadi maka konsumsi bahan bakar mobil itu juga akan menjadi boros. Kira-kira apa penyebabnya?

Usman Kepala Mekanik bengkel Tons2000 di Jalan Raya Taman Cimanggu No.3, Bogor, Jawa Barat, menjelaskan yang bikin tenaga mobil tidak ada atau ngempos dan menjadi boros BBM yakni busi dan saringan udara yang sudah kotor.

“Biasanya kalau sudah seperti itu kotoran di saringan udaranya sudah mengendap atau sudah tebal dan kinerja busi sudah tidak maksimal karena sudah harus diganti,” tutur Usman saat berbincang dengan detikOto, Sabtu (12/1/2013).

Saringan udara yang kotor atau kotoran di saringan udara sudah mengendap tebal maka akan mempengaruhi tenaga pada mobil dan pengeluaran bahan bakarnya pun akan menjadi boros.

Kalau pada bagian busi, Usman menambahkan elektrodanya sudah mulai menipis. Hal ini juga dapat mempengaruhi tenaga dan pengeluaran bahan bakar jadi boros.

“Ini biasanya terjadi pada mobil Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Terios. Tapi untuk Innova karena sudah memiliki saringan bensin atau letaknya di dalam tangki bensin maka pembersihannya dengan cara menguras tangki bensin atau memberikan cairan yang sekarang ini sudah banyak dijual di bengkel-bengkel,” beber pria ramah ini.

Usman menganjurkan, untuk penggantian busi pada Avanza dianjurkan setiap 20.000 dan kelipatannya, tapi bisa juga diganti dengan melihat kodisi busi itu sendiri. Sementara untuk saringan udara setiap 40.000 km harus diganti.

Mobil Terbaru

Best Seller
Promo
Best Seller

Related Article Ini yang Bikin Tenaga Mobil Berkurang dan Boros BBM

Tuesday 25 December 2018 | News & Info

6 Penyebab Mobil Mogok Paling Lengkap Beserta Cara Mengatasinya Mobil yang sudah mempunyai jam terbang tinggi namun tidak diperhatikan proses perawatannya, lama kelamaan akan semakin…

Kaca mobil merupakan salahsatu komponen fital yang ada pada mobil. Ketika kaca pecah akan menjadi masalah yang cukup serius karena dipastikan Anda harus membeli baru.…

Timing belt merupakan sebuah komponen berupa sabuk karet yang kuat dan bergerigi dengan fungsinya untuk memutar poros camshaft yang dihubungkan melalui sprocket camshaft dan sprocket crankshaft, camshaft sendiri berperan untuk mengatur pembukaan katup…

Please follow & like us :)

Follow by Email
Facebook
Facebook
Twitter
Visit Us