PT. SUN STAR MOTOR SMG

Jl. Perintis Kemerdekaan 16 A, Banyumanik - SMG

Menu

Inilah sebab rembesan oli yang terjadi pada mesin mobil

Wednesday, January 23rd 2019.

Oli merupakan bahan yang ada di dalam mobil yang berfungsi sangat penting bagi mobil karena memang jika tidak ada oli maka bisa bisa mobil tidak akan bisa berjalan sedikit pun dan sudah terlihat kan bahwa keberadaan oli sudah sangat penting bagi kendaraan anda, jadi jangan sekali kali meremehkan oli ini tetapi oli juga sangat berbahaya bagi mobil jika kita tidak mengetahui penyebabnya.

Jadi rajin rajinlah memeriksa kondisi mobil kita meskipun dalam keadaan baik baik saja dan tidak ada salahnya bukan kita memeriksa mobil kita terlebih dahulu sebelum kerusakan terjadi maka kita harus memeriksa nya entah harus membawa ke bengkel aau pun hanya memriksa saat di rumah saja ada yang rusak atau tidak kalau ada yang tidak rusak maka aman saja pasti akan aman saja  kita gunakan kemana saja dan di mana pun saja.

Jangan sampai anda meremehkan hal kecil seperti ini karena hal yang di remehkan begitu saja dalam jangka waktu yang lama biasanya akan membuat kerusakan yang sangat fatal yang akan terjadi pada kendaraan kita dan akan menghabiskan banyak uang untuk memperbaiki mobil yang sudah rusak parah, memperbaiki spion saja sudah ratusan rupiah apalagi jika sudah mengenai mesin maka akan menyebabkan kerusakan yang terjadi, sungguh hal ini tidak akan di inginkan oleh semua orang terutama yang mempunyai mobil.

Apalagi yang mempunyai mobil matic harus lebih waspada karena banyak yang bilang bahwa mobil matic akan menjadi lebih cepat rusak, memperbaiki mobil matic yang rusak juga akan membutuhkan uang yang cukup mahal dari pada harus memperbaiki mobil yang manual jadi berhati hatilah saat mengendarai mobil dan kendarai lah dengan aturan yang benar dan yang sudah di tentukan oleh pabrik mobil agar mobil tetap terjaga dengan awet dan tahan lama saat di gunakan oleh anak kita atau pun sanak keluarga kita atau pun ada teman yang ingin ikut bergabung dalam mobil kita maka mereka akan merasakan kenyamanan yang ada dalam mobil kita saat melakukan perjalanan di mana saja.

Mempunyai mobil yang baik dan tidak cepat terjadi kerusakan merupakan hal yang di inginkan oleh semua orang juga karena saat mobil kita di pinjam entah itu siapa pun saja kita akan percaya diri saat meminjaminya karena mereka akan nyaman saat sedang di perjalanan dan menaiki mobil kita tanpa harus minder saat ingin meminjamkan mobil kita terhadap orang lain yang mungkin membutuhkan  mobil kita demi kepentingannya.

Meskipun kemungkinan besar rembesan oli diakibatkan oleh faktor usia, tidak menutup kemungkinan hal tersebut terjadi karena penyebab lainnya, misalnya seperti pemasangan kembali bagian blok mesin yang kurang sempurna. Namun pada umumnya rembesan oli disebabkan karena faktor usia, tingginya tekanan dari dalam mesin dan suhu yang panas sehingga membuat bagian oli mengalami kebocoran.

Dengan adanya kebocoran oli, otomatis volume oli akan terus berkurang dan tidak sesuai dengan kebutuhan oli seharusnya. Tentunya hal ini akan berpengaruh pada sistem pelumasan mesin yang mengakibatkan oli bekerja lebih keras.

Hal ini akan berujung pada beberapa bagian mesin yang tidak terlumasi dengan baik dan menyebabkan mesin menjadi aus, bahkan menjadi jebol karena kekurangan oli. Pada saat oli berkurang, pergesekan diantara komponen mesin juga akan semakin keras, sehingga kerusakan akan semakin banyak bermunculan. Masalah yang dapat ditimbulkan antara lain seperti dinding silinder piston yang semakin terkikis, kampas kopling menipis, bahkan gigi transmisi yang bisa terganggu.

Orang yang tidak mempunyai mobil dan hanya menaiki transportasi umum memang tidak perlu memikirkan bagaimana kondisi kendaraan tersebut karena mereka tidak ikut punya kendaraan tersebut mereka hanya naik saja dan membayar ongkos perjalanan saja, masalah kondisi mobil sudah termasuk urusan sang pemilik mobil tersendiri.

Seseorang yang bekerja sebagai sopir transportasi pun juga harus lebih mementingkan bagaimana kondisi mobilnya, jangan hanya di pakai pagi siang dan malam saja untuk mencari uang sehingga tidak akan peduli dengan kondisi mobilnya, ini adalah hal yang sangat keliru dan tidak perlu di contoh oleh semua orang, justru sebagai sopir transportasi umum lebih di pentingkan melihat kondisi mobilnya karena bisa menyangkut keselamatan penumpang yang ada di dalam mobil jadi harus lebih mementingkan keselamatan semua.

Pemilik mobil harus lebih memahami bagaimana cara merawat mobil dengan benar agar usia mobil menjadi lebih awet dan dan tahan lama, sehingga tidak akan terjadi gangguan pada saat berkendara di jalan baik dalam jusim hujan atau pun musim panas yang merupakan cuaca yang berada di antara negara kita saat ini.

Seiring waktu, mobil akan terkena masalah-masalah mulai dari masalah yang tergolong ringan hingga yang serius hingga membutuhkan servis turun mesin yang tentu membuat mobil kita menjadi rusak dan biaya yang sangat banyak. Salah satu masalah yang sering dialami pemilik mobil adalah kebocoran oli.

Tahukah anda, bahwa penyebab kebocoran oli sebenarnya dapat didiagnosa atau diketahui hanya lewat melihat letak kebocoran/rembesan oli tersebut?

1. Rembesan menetes pada bagian tengah dekat radiator, pada mobil tipe RWD
Prediksi kebocoran mungkin ada pada Seal Crankshaft. Ciri-ciri : oli yang keluar berwarna sama dengan oli yang diisi ke dalam mesin (tidak berubah) harus segera diperbaiki karena dapat menyebabkan mesin berisik/berdetak dan merusak mesin, jadi kalian para pemilik mobil harus tetap waspada akan yang terjadi pada mobil kita.

2. Rembesan pada bagian belakang mesin atau oli menetes dari tempat oli transmisi

Prediksi kebocoran mungkin ada pada Seal Crankshaft. Ciri-ciri : oli yang keluar encer (jika dari mesin), oli yang keluar kental (jika dari mesin transmisi) harus segera diperbaiki karena dapat menghabiskan oli pada 2 mesin tersebut, tentunya juga sudah tau bukan bahwa jika oli dapat menghabiskan pada 2 mesin maka yang akan terjadi adalah oli menjadi cepat habis dan menjadi lebih boros.

3. Antara kedua ban belakang, dekat seal untuk gardan

Prediksi kerusakan ada pada Seal. Ciri-ciri : oli menetes atau merembes dekat AS ban belakang Hanya dapat diperbaiki dengan mengganti dengan Seal baru.

4. Oli gardan keluar melalui Seal roda belakang

Prediksi kebocoran mungkin ada pada Seal. Ciri-ciri : sisi dalam ban belakang menjadi kotor..
Harus segera diperbaiki karena dapat mempengaruhi kinerja sistem pengereman, tentu semua sudah tahu bukan bahwa memang sistem rem pada mobil sangat berfungsi bagi keselamatan saat di jalan, jadi jika hal ini tidak cepat cepat di perbaiki maka tidak akan bisa menjamin keselamatan kita pada saat di jalan.

5. Rembesan pada bagian roda gigi setir

Prediksi kebocoran mungkin ada pada Seal Kompresor. Ciri-ciri : oli yang keluar menyebabkan setir mobil terasa berat. Harus segera diperbaiki karena dapat merusak bearing dan permukaan roda gigi.

9. Rembesan/tetesan oli dari ujung knalpot

Prediksi kebocoran kemungkinan besar sudah sangat parah. Kerusakan pada batang dan Seal klep.

Ciri-ciri : tenaga mesin sering hilang, oli sering habis.

Harus segera diperbaiki karena kerusakan sudah sangat parah dan dapat semakin parah.
Itulah lokasi-lokasi rembesan oli pada umumnya dan penyebab rembesan tersebut. Biaya perbaikan kerusakan akibat adanya kebocoran tersebut sangatlah besar.
Oleh sebab itu sangatlah penting untuk mencegah terjadinya kebocoran tersebut dengan cara :
– Membiasakan mencuci mobil dan menjaga kebersihan mobil
–     Membiasakan mengganti oli mesin dan oli-oli lainnya yang dibutuhkan mobil anda
–         Membiasakan melakukan servis berkala pada mobil anda.

Ketika kebocoran oli sudah terjadi, tidak ada cara lain untuk menahan rembesan oli tersebut selain dengan mengganti packing set pada sambungan blok mesin. Tentunya hal ini juga harus dibarengi dengan sealant tahan panas yang akan membantu menghambat oli yang keluar dari dalam mesin melalui celah-celah kecil. Sebelum hal itu terjadi, ada baiknya Anda mendeteksi tanda-tanda apakah terjadi kebocoran oli dengan beberapa cara berikut ini:

Pertama secara kasat mata, kebocoran oli mesin dapat terlihat dengan adanya blok mesin yang selalu tampak basah walapun tidak terkena air apapun. Selain itu, debu yang menempel pun akan menghitam pada blok mesin tersebut.

Langkah kedua, Anda dapat melihat apakah terdapat tetesan oli di lantai garasi tempat kendaraan Anda diparkirkan. Pastikan pula oli yang menetes itu adalah rembesan oli mesin, bukan cairan lainnya seperti oli power steering, bensin, atau komponen-komponen lainnya. Kemudian cek volume oli kendaraan Anda dengan menggunakan dipstick. Cek apakah volume oli berkurang secara drastis atau tidak, dengan kembali menggunakan dipstick.

Jangan sampai anda meremehkan hal kecil seperti ini karena hal yang di remehkan begitu saja dalam jangka waktu yang lama biasanya akan membuat kerusakan yang sangat fatal yang akan terjadi pada kendaraan kita dan akan menghabiskan banyak uang untuk memperbaiki mobil yang sudah rusak parah, memperbaiki spion saja sudah ratusan rupiah apalagi jika sudah mengenai mesin maka akan menyebabkan kerusakan yang terjadi, sungguh hal ini tidak akan di inginkan oleh semua orang terutama yang mempunyai mobil.

Jika anda hanya mengandalkan angkutan umum saat keluar anda tidak perlu memperhatikan kondisi mobil tersebut karena kita tidak ikut memiliki mobil tersebut tapi jika mobil itu mobil kita sendiri dan kita tidak akan memperdulikan kondisi mobil maka kita bisa bisa saja akan mengeluarkan banyak uang disaat akan memperbaiki mobil yang telah rusak tersebut akibat cerobohnya kita pada saat memiliki mobil dan kurang memperhatikan kondisi mobil.

Mobil Terbaru

Best Seller
Limited
Promo
Best Seller

Related Article Inilah sebab rembesan oli yang terjadi pada mesin mobil

Tuesday 25 December 2018 | News & Info

Bagaimana Cara Mengatasi Mesin Mobil Overheat? Mesin overheat sangatlah ditakutkan, apalagi jika terjadi di tengah-tengah perjalanan di malam hari. Tentu akan sangat menyeramkan! Pertanyaannya, siapakah yang akan menolong…

5.1 Gangguan-gangauan dan kemungkinan penyebabnya Sebelum membongkar, memeriksa, dan melakukan penggantian/ perbaikan komponen, kita perlu melapasa transmisi dengan langkah sebagai berikut: Gangguan Kemungkinan Penyebab Cara…

Tuesday 25 December 2018 | News & Info

Sering kurang  air pada radiator jangan dianggap sepele, lantaran bisa menyebabkan mesin mobil Anda menjadi panas. Pasalnya fungsi radiator memang untuk mendinginkan temperatur mesin yang…

Please follow & like us :)

Follow by Email
Facebook
Facebook
Google+
http://mitsubishismg.com/inilah-sebab-rembesan-oli-yang-terjadi-pada-mesin-mobil
Twitter
Visit Us