PT. SUN STAR MOTOR SMG

Jl. Perintis Kemerdekaan 16 A, Banyumanik - SMG

Menu

Jangan Khawatir Kalau Mobil Anda Knocking,

Wednesday, January 23rd 2019.
Bagaimana mengatasi suara knocking (ngelitik) pada saat putaran mesin (RPM) rendah, yang juga sering dijumpai adalah penyakit ngelitik saat mobil melaju kencang di RPM tinggi.
Tanda-tandanya, saat berjalan kencang, lalu secara tiba-tiba menginjak pedal gas lebih dalam untuk menambah kecepatan, terdengar bunyi ngelitik yang cukup keras. Jangan panik, asal segera dicek dan diatasi, gejala tersebut akan hilang.
Rusdi Sopiandi, pemilik bengkel Fendryss, spesialis mobil Korea yang juga menerima merek lain di Jl. Raya Pondok Kelapa, Jakarta Timur, (10/8/2015), mengatakan bahwa gejala ngelitik pada RPM rendah dan tinggi penyebabnya berbeda.
Saat ngelitik pada rpm tinggi, ada beberapa hal dna komponen yang jarus dicek. Berikut daftarnya:
1. Bahan bakar. Apakah bahan bakar atau bensin yang digunakan sudah sesuai dengan spesifikasi kendaraan kita? ”Ada baiknya disesuaikan dengan perbandingan rasio kompresi yang tercatat di buku manual. Kalau sudah dipenuhi, dan masih ngelitik, cek bagian lain,” ujar Rusdi.
2. Busi, pemakaian model busi yang tidak sesuai tipe mesin juga menjadi faktor penyebab ngelitik di RPM tinggi.
3. Kotoran karbon menumpuk pada tiga kompone, yaitu injektor bensin, valve atau klep, atau penumpukan karbon pada permukaan piston. Sebaiknya dibersihkan atau diganti bila ada kenjagalan lain di komponen tersebut.
4. Kebocoran vacuum pada inject manifold. Kurangnya tingkat hisap pada inject manifold menyebabkan banyaknya kadar oksigen pada komponen ini, sehingga mobil terasa berat pada RPM tinggi.
5. Periksa komponen seperti sensor MAF atau sensor air flow meter. Karena kedua sensor tersebut sangat dominan menjadi penyebab ngelitik. Bila tidak sesuai ukuran voltase dan ohm, lakukan pergantian sensor tersebut.
6. Filter udara kotor. Rajinlah membersihkan filter udara minimal sebulan sekali. Karna bila kotor aliran udara akan tersumbat dan bahan bakarpun akan menjadi boros. Sedangkan tenaga berkurang akibat ruang bakar tidak mencukupi udara.

Mobil Terbaru

Best Seller
Limited

Related Article Jangan Khawatir Kalau Mobil Anda Knocking,

Selayaknya tubuh manusia, mesin mobil juga butuh istirahat. Kasus yang paling sering ditemui akibat penggunaan mesin mobil secara berlebihan ini adalah terjadinya engine overheat dan engine water hammer. Yuk pelajari…

perihal yang paling mendongkolkan ketika menemui halangan pada mobil adalah sebuah keadaan yang menimbulkan mobil itu tak bisa mengerjakan starting engine. dan biasanya pada masalah…

Salah satu resiko yang mengintimidasi para pemilik alat transportasi roda empat ataupun mobil merupakan motor kemarahan (overheat). apabila mobil kamu mempunyai persoalan itu hati-hati, akhirnya…

Please follow & like us :)

Follow by Email
Facebook
Facebook
Twitter
Visit Us