PT. SUN STAR MOTOR SMG

Jl. Perintis Kemerdekaan 16 A, Banyumanik - SMG

Menu

KACA MOBIL RETAK: GANTI ATAU PERBAIKI?

Tuesday, January 15th 2019.

Saat kita mengemudikan mobil menempuh jarak jauh untuk menunaikan urusan bisnis, mendadak butiran batu melayang bagaikan asteroid menerjang kaca depan mobil meninggalkan retakan dan lubang, saat itu pula semua rencana bisnis menjadi berantakan. Retakan di kaca tersebut tidak boleh dianggap enteng. Hal itu mungkin tidak nampak seperti masalah besar. Namun berdampak pada jarak pandang dan dapat kembahayakan keselamatan.

Ada dua solusi pilihan untuk menangani kaca depan mobil yang retak. Anda bisa memperbaikinya jika lubang yang terjadi berukuran kecil, atau mengganti seluruh kaca depan. Solusi pilihan kedua membutuhkan biaya yang lebih mahal, sementara pilihan pertama dilakukan untuk memperbaiki kerusakan kecil. Kaca depan mobil jauh lebih penting dalam hal keselamatan Anda daripada kerusakan cat mobil.

Keputusan untuk memperbaiki atau alih-alih mengganti kaca mobil itu ditentukan oleh sejumlah faktor. Di antaranya yaitu jenis retakan yang terjadi, lokasi retakan, serta jumlah retakan yang dialami oleh kaca mobil. Yang terpenting yaitu segeralah memperbaiki kaca retak itu. Sebab, retakan kaca bisa kian melebar jika tidak segera diperbaiki atau diganti dengan kaca baru.

Pada kaca mobil laminated atau tempered, retakan berukuran kurang dari 14 inci masih bisa diperbaiki. Namun jika celah atau retakan yang terjadi berukuran lebih besar dari itu, memerlukan penggantian kaca secara keseluruhan. Kualitas memperbaiki retakan berukuran besar ditentukan oleh keterampilan teknisi kaca. Umumnya retakan sebesar  1 – 2 inci masih bisa ditangani, tapi sekali lagi semua tergantung pada advis yang diberikan oleh teknisi.

Beberapa perusahaan asuransi juga membatasi panjang kerusakan yang akan di-cover. Nah, hal tersebut akan membantu Anda untuk memutuskan apakah kaca retak tersebut harus diganti atau masih bisa dipertahankan dengan jalan memperbaikinya.

Menurut beberapa penelitian, keretakan kaca mobil tidak dapat diperbaiki jika kerusakan terjadi memanjang dari panel kaca eksterior menembus interior. Kondisi tersebut terlalu sulit diperbaiki. Keratakan yang terjadi di bagian sudut juga kerap sulit diperbaiki. Jika retakan semakin menyebar, maka hal tersebut menjadi isyarat bahwa Anda harus segera mengganti kaca tersebut. Pertimbangkan pula sensor suhu, antena radio, serta berbagai teknologi canggih lainnya yang biasanya disematkan di kaca depan mobil.  Apakah peralatan tersebut mengharuskan kaca diganti serta pertimbangkan biaya yang harus dikeluarkan dengan adanya peralatan tersebut.

Proses memperbaiki kaca retak memerlukan waktu sekitar 30 – 40 menit dan dilakukan dengan menyuntikkan resin ke dalamnya. Ketika cairan tersebut mengeras, resin akan membantu mengembalikan kerekatan atau integritas kaca. Kerin kemudian dipoles dan dilanjutkan dengan proses penyinaran UV. Jika proses ini dilakukan secaca benar, retakan tidak akan bisa menyebar lebih jauh

Mobil Terbaru

Best Seller
Promo
Limited

Related Article KACA MOBIL RETAK: GANTI ATAU PERBAIKI?

Monday 17 July 2017 | News & Info

Jakarta – Mitsubishi tidak lama lagi akan meluncurkan produk MPV kecil mereka di Tanah Air. Kabar mengenai kehadiran mobil pesaing Toyota Avanza itu memang sudah cukup…

Cara mengenali timing belt mobil yang rusak – Pencarian tips dan trik otomotif dengan kata kunci ” Cara mengenali timing belt mobil yang rusak ” di…

Lampu indikator yang terdapat di dalam panel speedometer mobil memiliki beragam fungsi. Indikator yang menyala menandakan ada sistem yang bermasalah dan memberitahu kita untuk segera memperbaiki. Salah…

Please follow & like us :)

Follow by Email
Facebook
Facebook
Twitter
Visit Us