PT. SUN STAR MOTOR SMG

Jl. Perintis Kemerdekaan 16 A, Banyumanik - SMG

Menu

Keluhan mesin dan cara mengatasinya

Saturday, January 26th 2019.

0.1 Deteksi Mesin Brebet, Antara Pengapian dan Bahan Bakar

-Penyebab mesin brebet secara garis besar ada dua, yakni yang berhubungan dengan api dan bahan bakar. Untuk pengapian, komponennya ada koil, kabel busi dan busi. Sementara untuk bahan bakar, ada injektor/karburator, fuel rail, fuel pressure, filter dan pompa. 
-atau kalian bisa cek api pada busi apakah api nya berwarna merah(koil kurang baik) dan jika warna biru (koil masih bagus) jika tidak ada api pda busi berarti koil mati dan tidak bisa di gunakan / busi nya yang mati
-cek kebocoran pada selang fakum pada kendaraan anda
-cek kalibrasi antara udara dan bahan bakar anda jika mobil anda sudah injeksi mengecek nya menggunakan SCAN yang banyak dimiliki oleh daeler atau bengkel pinggir jalan sekalipun

0.2 BOROS MINYAK
-jika mobil anda injeksi anda harus cek filter kemungkinan dari fiter yg kotor yg menghambat udara yang masuk ke dalam trottel body yg mengakibat kan ruang bakar kebanyakan bahan bakar di bandingkan udara
jika mobil anda kalburator pastikan mobil anda tidak brebet jika berebet sudah di pastikan kalibrasi pada kalborator anda tidak sempurna
-bisa juga dari beban pada mobil anda berat

0.3 AC TIDAK DINGIN
Apabila Anda menjumpai kasus yang seperti ini, misalnya saja AC mobil dalam keadaan hidup namun tetap tidak bekerja dengan semestinya. Penyebab AC tidak dingin sendiri bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, seperti adanya kerusakan pada kompresor, sekring, magnetic cludt, penyumbatan pada filter dryer, dan evaporator. Adapun cara memperbaiki AC Mobil tidak dingin dengan kasus seperti ini, yaitu dengan memeriksa bagian sekring atau fuse, kemudian periksa tekanan bagian refrigerant atau pendingin apakah terdapat kebocoran. Jika terjadi kebocoran, maka Anda bisa mengetahui lokasi kebocoran dan bisa memperbaikinya. Kemudian Anda bisa melakukan vacuum kemudian tambah oli, lalu isi lagi menggunakan refrigerant baru. Selain memeriksa bagian refrigerant, Anda bisa mengecek kompresor apabila rusak maka Anda bisa menggantinya atau memperbaikinya. Selain itu, cara mengatasi AC mobil tidak dingin untuk kasus ini bisa dengan cara membersihkan kotoran pada evaporator.
atau terdapat kebocoran selang freon atau bisa jadi freon nya sudah habis

0.4 MOBIL TIDAK ADA TENAGA
NAH dalam hal ini saya hanya bisa menerangkan jika trsamisi anda manual
itu bisa jadi dari kompling yg terkena oli makanya terjaji sliding antara prodo kompling dengan roda gila
bisa juga dari prodo yang sudah habis,stelan nya kurang pas sehingga kompling tidak menyalurkan tenaga seluruh nya ke trasnmisi

0.5 LAMPU DEPAN REDUP SEBELAH
COBA lihat /cari kabel masa biasanya dan memang masalah nya hanya di masa klo soal redup sebelah  kalian cari kabel yg menempel ke boby  lalu di gesek gesekan dan kencangkan baut nya

0.6.TIDAK MAU STATER PADA SAAT MESIN DINGIN

1
jika bensin biasa nya aki anda sudah mau tekor thu atau soak karna listrik yang di hasil kan tidak cukup untuk membuat stater memutar kan fly well sebagai langkah awal untuk menghidupkan mesin

 

JIka diesel WAH ini agak ribet mas bro jadi gini walau pun mobil bisa trater tapi tidak hidup juga itu  ada masalah pada busi pemanas nya bro

0.7 PUTARAN MESIN TIDAK NORMAL

Putaran mesin tidak bertambah dengan halus sesuai injakan pedal gas.
Kemungkinan Penyebab

  • Pompa injektor atau nosel tidak bekerja dengan baik.
  • Waktu injeksi BBM tidak tepat.
  • Kebocoran gas dari ruang bakar.
  •  
  • Pemeriksaan dan Perbaikan

    1. Bila penyemprotan tidak bekerja dengan baik, maka perkabutan dan pembakaran yang terjadi tidak sempurna. Periksalah pipa penghubung antara pompa injektor dan nosel, barangkali ada kebocoran, kencangkan jika ada baut yang longgar.Periksa juga sambungan-sambungan antara governor dan pompa.
    Nyalakan mesin, kendorkan mur pengencang pipa bahan bakar pada salah satu nosel. Biarkan BBM menetes dari mur.
    Bila putaran mesin terganggu atau bergetar lebih keras, berarti nosel berfungsi. Sebaliknya, bila putaran mesin tidak berubah, nosel tidak berfungsi. Periksa setiap nosel, jika ada yang rusak bawa ke bengkel.
    2. Cam atau roller-nya aus, sehingga penyemprotan tidak tepat, ganti dengan yang baru.
    3. Kebocoran bisa keluar dari katup-katup isap atau buang, pegas katup, cincin torak atau paking silinder. Biasanya ditandai dengan gas buang berwarna putih yang berarti ada sebagian oli masuk ruang bakar dan ikut terbakar, atau oli terlalu cepat berkurang. Dalam hal ini perbaikan besar perlu dilakukan di bengkel.

0.8 PUTARAN MESIN TIDAK DAPAT RENDAH
Kemungkinan Penyebab

  • Pipa vakum governor pneumatik terlepas/ pecah.
  • Diafragma sobek.

Pemeriksaan dan Perbaikan
1. Periksa pipa vakum. Bila sambungannya terlepas atau ada kebocoran udara dalam pipa mengakibatkan putaran mesin tinggi. Pasang sambungan jika terlepas, ganti pipa jika pecah (berlubang).
2. Diafragma rusak mengakibatkan governor tidak mengontrol putaran mesin dengan baik. Putaran mesin akan selalu tinggi. Pemeriksaan diafragma dapat dilakukan dengan menutup ujung pipa vakum dengan jari selama lebih kurang 5 detik. Bila terdengar bunyi gerakan, berarti diafragma baik, bila tidak, diafragma rusak. Diafragma rusak, harus diganti.

0.9 MESIN TERLALU PANAS
Panel penunjuk panas mesin menunjukkan jarum penunjuk pada daerah bahaya, jika terlalu panas mesin bisa macet.
Kemungkinan penyebab

  • Kebocoran pada sistem pendingin.
  • Jalur-jalur air dalam radiator tersumbat.
  • Sirip-sirip radiator tertutup kotoran.
  • Selang karet radiator terpuntir atau menjadi kempes.
  • Termostat tidak berfungsi.
  • Pompa air rusak.

Pemeriksaan dan Perbaikan
Jika dalam perjalanan mesin terlalu panas, kendaraan sebaiknya dihentikan di tempat yang aman. Biarkan mesin bekerja tanpa beban beberapa saat, agar panas turun. Periksa barangkali ada kebocoran air radiator (ditandai dengan keluarnya uap panas atau tetesan air dari bagian sistem pendingin), dan periksa tali kipas pendingin.

  1. Bagian-bagian sistem pendingin yang perlu diperiksa dari kebocoran air pendingin, misalnya pada sambungan dan jalur-jalur radiator. Jika ada kebocoran, setelah diisi air lagi, bawalah segera ke bengkel untuk perbaikan.
  2. Jika ada kebocoran pada klem pengikat selang radiator antara radiator dan mesin, kencangkan baut klemnya. Bila klem patah, ikat dengan kawat sambungan untuk sementara, sebelum didapatkan pengganti yang baru.
  3. Bila ditemukan kebocoran pada selang radiator, balut dengan isolasi atau vinyl yang diperkuat dengan kawat sebelum diganti dengan yang baru.
  4. Semua tindakan perbaikan sebaiknya dilakukan setelah diisi air pendingin lagi. Berikut langkah pengisian air sewaktu mesin terlalu panas:
    • Biarkanlah mesin berjalan beberapa saat sampai panasnya menurun. Sebaiknya tidak mematikan mesin secara tiba-tiba. Periksa jika ada kebocoran.
    • Setelah mesin agak dingin, matikan dan buka tutup radiator setengah putaran dengan mengetuk pegangannya menggunakan alat bantu (obeng atau kayu). Hati -hatilah terhadap uap panas yang menyembur. Biarkan uap panas keluar.
    • Setelah uap habis, dengan menggunakan kain atau pelindung lain untuk mencegah panas, lepaskan tutup radiator. Isilah radiator dengan air, sementara mesin dijalankan.
    • Bila tidak ditemukan kebocoran, setelah pengisian air dapat dilakukan pemeriksaan selanjutnya.

Meskipun dalam radiator terdapat air yang cukup, jika jalur-jalur airnya buntu atau tersumbat kerak/karat, maka sirkulasi air tidak normal. Periksa dengan menguras air radiator melalui keran pembuangan, lalu tuangkan air selama beberapa saat agar karat atau kerak terbawa ke luar. Lakukan pengurasan hingga air yang ke luar tampak jernih. Saat ini dijual cairan khusus untuk pengurasan radiator yang dapat membantu proses pembersihan kerak atau karat. Juga dijual cairan khusus untuk tambahan air pendingin guna memperbaiki sifat air pendingin, agar tidak bersifat korosif atau meningkatkan titik didih air pendingin.
Periksa sirip-sirip radiator. Jika tertutup lumpur, daun kering atau benda asing lain, mengakibatkan aliran udara terganggu, sehingga proses pendinginan tidak berjalan baik. Bersihkan radiator, semprot dengan air bersih atau udara dari kompresor.
Jika pemasangannya tidak benar, selang bisa terpuntir. Hal ini menyebabkan saluran mengecil, aliran air pendingin terganggu, dan mesin cepat panas. Oleh karena itu, pada saat pemasangan perhatikan posisi selang dengan baik. Oleskan pelumas pada tempat sambungan agar pemasangan lebih mudah. Pada putaran mesin yang tinggi saat pompa mengisap air dengan kuat, selang bawah yang usang mengempes. Ganti selang jika sudah usang.
Termostat seharusnya dalam posisi terbuka, agar air dapat bersirkulasi jika sudah mencapai temperatur tertentu. Termostat yang tidak berfungsi dengan baik akan menghambat sirkulasi air pendingin, sehingga mesin cepat panas. Untuk memeriksa termostat dapat dilakukan langkah-langkah berikut:

  1. Keluarkan termostat.
  2. Rendam dengan air dalam panci atau wadah. Rebus dan pantau suhu dengan termometer.
  3. Katup termostat harus mulai terbuka pada sekitar 80 °C dan terbuka penuh pada sekitar 100 “C (beberapa saat sebelum mendidih). Bila katup termostat tidak bekerja, berarti sudah rusak. Ganti segera.

Pompa air rusak menyebabkan air pendingin tidak dapat bersirkulasi dengan baik. Periksa sirkulasi air pendingin. Periksa tali kipas, barangkali kendor atau putus. Bersihkan tali kipas dari minyak dan kotoran. Tali kipas kendor menyebabkan pendinginan tidak efektif. Tali kipas terlalu kencang menyebabkan bantalan pompa air (bantalan generator) cepat rusak. Ganti jika ditemukan komponen yang rusak.

1.0 KNOCKING (NGELITIK)
kendaraan sedang berakselerasi.
Kemungkinan Penyebab

  1. Saat penyalaan terlalu awal.
  2. Bahan bakar kurang baik.
  3. Banyak kerak karbon di dalam ruang bakar.

Pemeriksaan dan Perbaikan

  • Jika saat penyalaan terlalu awal, berarti penginjeksian BBM terjadi terlalu cepat, jauh sebelum piston mencapai TMA. Penyalaan terlalu awal menyebabkan bunyi ketukan pada mesin. Adanya bunyi diakibatkan kenaikan tekanan yang besar dari yang seharusnya sejak BBM mulai terbakar.
  • Bahan bakar yang kurang baik akan sulit terbakar. Bahan bakar yang sulit terbakar menyebabkan kenaikan tekanan yang besar pada ruang bakar. Suatu angka yang disebut dengan angka ethane digunakan untuk menunjukan tingkat kemudahan terbakar BBM mesin diesel. BBM yang mudah terbakar akan mengurangi terjadinya knocking. Gunakan BBM yang sesuai.
  • Kerak karbon dalam ruang bakar turut terbakar saat pembakaran terjadi. Hal ini meningkatkan temperatur dan tekanan saat pembakaran yang mengakibatkan terjadinya knocking. Kerak karbon terbentuk akibat oli yang masuk ke ruang bakar terbakar. Masuknya oli ke ruang bakar merupakan akibat komponen-komponen ruang bakar, misalnya cincin piston, sudah aus.
1.1 Gas buang berwarna putih atau hitam dan tampak tebal.
Kemungkinan Penyebab
  1. Masuknya oli ke dalam ruang bakar.
  2. Sistem injektor tidak tepat.
Pemeriksaan dan Perbaikan
  • Masuknya oli ke dalam ruang bakar mengakibatkan gas buang berwarna putih. Pemeriksaan dilakukan pada komponen-komponen sistem pembakaran, yaitu cincin piston, silinder, katup-katup, dan paking. Komponen yang sudah aus harus diganti.
  • Gas buang berwarna hitam diakibatkan campuran BBM dengan udara terlalu kaya. Periksa saringan udara. Jika terlalu kotor mengakibatkan udara yang masuk ke ruang bakar berkurang. Periksa tekanan injeksi, bila kurang tepat mengakibatkan BBM tidak terkabutkan secara sempurna. Lihat pompa injektor, bila ada komponen yang rusak dapat mengakibatkan jumlah BBM tidak sesuai dengan kebutuhan mesin. Periksa juga saat pembukaan katup isap atau katup buang.
 
1.2 sistem Pelumas tidak Normal
 
Pemakaian minyak pelumas boros.

Kemungkinan Penyebab

  1. Kebocoran sistem pelumas.
  2. Masuknya oli ke dalam ruang bakar.
Pemeriksaan dan Perbaikan
  • Jika dalam pemeriksaan ditemukan oli mesin sangat kurang, kendaraan jangan dijalankan. Mesin akan panas dan cepat terjadi kerusakan yang berat. Usahakan selalu memeriksa oli dengan alat ukurnya. Kebocoran dapat juga dideteksi dari tetesan oli di lantai garasi atau bagian mesin.
  • Jika baut pembuangan pelumas kendor, oli merembes ke luar, kencangkan.
  • Jika saringan pelumas kurang kencang, kencangkan.
  • Periksa baut-baut kepala silinder.
  • Periksa paking. Jika baut sudah kencang tetapi masih ada rembesan oli, berarti paking rusak. Ganti dengan yang baru.
  • Karena komponen mesin aus, oli dapat masuk ke ruang bakar dan terbakar. Oli yang terbakar selain membuat gas buang menjadi putih juga meninggalkan kerak karbon dalam ruang bakar. Kerak karbon ini mengakibatkan kerja mesin terganggu. Bawa ke bengkel.
1.3 Oli encer atau berbusa putih.
Kemungkinan Penyebab
  1. BBM masuk ke ruang crankshaft.
  2. Air masuk ke ruang crankshaft.
Pemeriksaan dan Perbaikan
  • Kondisi keausan yang cukup besar dan BBM yang terlalu banyak saat penyalaan, menyebabkan tekanan kompresi berkurang, sehingga BBM yang tidak terbakar dapat mengalir ke ruang crankshaft.
  • Air yang terdapat dalam pelumas menunjukkan keretakan mesin (dinding silinder, blok mesin, atau kepala silinder), atau kerusakan paking kepala silinder. Mesin yang merupakan kerusakan berat.
1.4 Mesin tersendat saat pedal gas diinjak untuk meningkatkan akselerasi
 
Kondisi seperti ini kerap terjadi di mobil yang telah berusia di atas lima tahun.

Beberapa penyebab permasalahan ini adalah busi yang telah aus atau jarak antara kepala dan sumbu busi terlalu renggang, vacuum di karburator, throttle body, intake manifold atau di bagian selang vacuum yang bocor. Penyebab lainnya adalah injektor bahan bakar yang kotor atau tersumbat.

1.4 Mesin hidup mati, hidup mati
 
ada beberapa faktor yang menjadi penyebabnya, di antaranya sistem kelistrikan (mulai dari alternator, aki, hingga kabel-kabel yang kendur atau putus), serta kemungkinan rangkaian pengapian yang bermasalah.
 Penyebab lainnya adalah, vacuum pada karburator, throttle body, inlet manifold, atau selang-selang 
vacuum yang bocor. “Bisa juga injektor yang bermasalah karena kotor atau tersumbat

Mobil Terbaru

Limited
Promo
Best Seller

Related Article Keluhan mesin dan cara mengatasinya

Monday 3 July 2017 | News & Info

Sekencang dan secangih apapun sebuah kendaraan baik mobil/motor pasti memiliki batas kecepatan maksimum yang harus kita ketahui. Saat Anda melakukan perjalanan jauh seperti mudik sebaran saat ini, pasti memacu…

Salah satu masalah yang pernah dialami sebagian pemilik kendaraan adalah kaca mobil retak akibat terkena benturan. Disarankan jangan buru-buru diganti karena harga kaca sangat mahal.…

Memang ada saja masalah jika anda memiliki sebuah kendaraan apalagi sebuah mobil, pada kebanyakan mobil mengalami masalah pada akselerasinya. Seperti brebet saat di gas pada…

Please follow & like us :)

Follow by Email
Facebook
Facebook
Google+
http://mitsubishismg.com/keluhan-mesin-dan-cara-mengatasinya
Twitter
Visit Us