PT. SUN STAR MOTOR SMG

Jl. Perintis Kemerdekaan 16 A, Banyumanik - SMG

Menu

Kenali Bunyi ‘Misteri’ Mobil Anda

Thursday, January 31st 2019.

Saat mobil Anda dalam kondisi yang ‘fit’, pasti akan mengeluarkan ‘bunyi’ mesin yang normal dan suara yang stabil. Tapi, suatu saat, mobil Anda mengeluarkan ‘bunyi’ yang aneh dan ‘misterius’. Perlu Anda ketahui bahwa jenis ‘bunyi’ yang aneh pada kendaraan itu bisa menjadi petunjuk adanya gangguan atau ketidakstabilan pada mobil Anda.

Bunyi Mencicit

Saat Anda menghidupkan mobil, setelah tak dipakai untuk beberapa saat lamanya, atau saat putaran mesin bertambah terdengar bunyi ‘mencicit’. Kemungkinan besar suara itu berasal dari tali penggerak kipas (fan belt) yang selip, karena ‘ketegangan’-nya berkurang. Coba setel kembali dan perhatikan bidang geseknya, kalau permukaannya licin dan mengkilap, berarti fan belt telah kehilangan cengkeraman pada puli. Oleh karena itu, segeralah ganti dengan fan belt yang baru.

Knocking atau ‘Metallic Rattling’

Istilah yang sering dipakai untuk jenis ‘bunyi’ ini adalah ngelithik. Bunyi ini timbul karena proses pembakaran yang tak sempurna. Umumnya, akibat terlalu rendahnya oktan dari bahan bakar yang dipergunakan atau mesin mengalami overheating. Gejala ngelitik yang berlebihan bisa mengakibatkan rusaknya piston. Bila suara itu timbul sedikit ketika berakselerasi, bisa diabaikan. Meski begitu, sebaiknya mintalah mekanik untuk memeriksa mesin, agar ngelitik-nya hilang.


Timing Belt

Bunyi Ketukan ‘Berat’

Bila mesin menimbulkan suara ketukan seperti orang sedang memukulkan besi, bisa jadi mesin mobil Anda mengalami kerusakan yang cukup parah. Mungkin metal (rod bearing) atau setang pistonnya rusak. Jangan memaksa untuk menjalankan mobil, karena akan memperparah kerusakannya.

Suara Mendesis

Bisa jadi salah satu slang vacuum terlepas atau bocor. Biasanya diikuti dengan tesendatnya putaran mesin. Mendeteksi suara seperti ini tergolong sulit, sehingga perlu ketelitian. Masukkan kembali selang vacuum yang terlepas, atau ganti baru kalau memang sudah bocor.

Suara Mencicit Saat Mobil Direm

Meski rem mobil bekerja sempurna dan kanvas rem baru, bisa saja menimbulkan suara ‘mencicit’. Umumnya akibat permukaan geseknya kotor. Cobalah membersihkan atau mengganti kanvas rem yang didesain untuk mengeliminir bunyi.

Suara Gesekan Antar-Logam Saat Mengerem

Itu artinya lapisan atau permukaan gesek kanvas rem terlalu tipis, atau bahkan sudah hilang, sehingga terjadi gesekan antar-logam. Kondisi ini dapat mengakibatkan kemampuan rem jauh berkurang. Maka, segera ganti kanvas rem mobil Anda.

Suara Mendesis ‘Power Steering’

Bunyi ini timbul pada mobil yang dilengkapi power steering, saat kemudi diputar. Akibat kurangnya jumlah minyak power steering atau rusaknya sistem pompa power steering. Umumnya diikuti dengan beratnya putaran pada setir. Tambahkan minyak power steering bila kurang, atau kunjungi bengkel khusus power steering untuk perbaikan.


Pengecekan Ban

Bunyi Ketukan Saat Roda Depan Membelok

Gejala ini umum terjadi pada mobil-mobil yang digerakkan oleh roda depan. Penyebabnya, kerusakan pada bola-bola di CV joint, karena pembungkus karetnya pecah, sehingga ‘gemuk’ alias gelpelumas di dalamnya telah habis. Kondisi ini akan bertambah parah bila tidak segera diperbaiki.

Suara Ketukan Saat Memindahkan Gigi ‘Porsneling’

Bunyi ketukan yang timbul dari bawah mobil waktu memindah posisi gigi, menginjak atau mengangkat pedal gas tiba-tiba. Umumnya diakibatkan karena kerusakan pada sistem penerus tenaga, kendurnya cross-joint atau rusaknya gigi gardan.

Mobil Terbaru

Promo
Best Seller
Limited

Related Article Kenali Bunyi ‘Misteri’ Mobil Anda

Tuesday 25 December 2018 | News & Info

Mobil yang sudah mempunyai jam terbang tinggi namun tidak diperhatikan proses perawatannya, lama kelamaan akan semakin mengalami penurunan peforma secara signifikan. Pada akhirnya, sewaktu –…

Tuesday 25 December 2018 | News & Info

Menepi. Begitu anda melihat jarum temperatur mendekati daerah “H” (hot), menepi dan matikan mesin agar mesinnya dingin. Berhati-hatilah dengan petunjuk temperatur saat hari panas. Jika anda…

Shockbreaker adalah sistem peredam getaran/ kejutan yang ada pada kendaraan baik mobil atau motor, yang kebanyakan posisinya terletak pada roda (menumpu pada roda). Fungsi Shockbreaker mobil…

Please follow & like us :)

Follow by Email
Facebook
Facebook
Google+
http://mitsubishismg.com/kenali-bunyi-misteri-mobil-anda
Twitter
Visit Us