PT. SUN STAR MOTOR SMG

Jl. Perintis Kemerdekaan 16 A, Banyumanik - SMG

Menu

Kenali Penyebab Mobil Bersuara Aneh

Thursday, January 31st 2019.

Mobil selalu mengeluarkan suara bermacam-macam dan sebagian besar orang mengira suara tersebut hanya terjadi di mesin dan keluar melalui lubang pembuangan sisa pembakaran, knalpot. Suara tersebut juga seringkali diasumsikan akan semakin minim terdengar karena bantuan knalpot yang meredamnya. Tahukah Anda bahwa anggapan tersebut memang benar, tapi dari setiap bagian mobil, sebenarnya mengeluarkan suara yang unik dan dari suara-suara tersebut bisa dikenali letak kerusakan sebuah mobil.

Biasanya, mobil-mobil yang sudah tidak sehat atau rusak akan mengeluarkan suara-suara aneh yang tidak wajar dan jarang didengar. Di saat Anda mendengar bunyi-bunyian yang tidak biasa tersebut dan telinga seolah terasa geli, berarti mobil kesayangan Anda memang sedang membutuhkan sentuhan ahli.

Pada dasarnya, setiap part mobil selalu mengeluarkan suara, terutama komponen yang terus bergerak saat mobil sedang dinyalakan atau dijalankan. Suara-suara tersebut kemungkinan keluar dari dapur pacu, belt, puli, selang, sistem pembuangan, ban, sistem peredam kejut, ban yang bergesekan dengan jalan, pengereman dan aerodinamika.

Dengan teknologi canggih, mobil biasanya terdengar sangat senyap dan terdengar begitu halus, dan ketika terjadi kerusakan, seringkali suara-suara bermunculan dan tidak jarang membuat geli saat didengarkan.

Untuk itu, saat mobil terasa kurang enak sewaktu dikendarai, langkah pertama yang harus Anda lakukan yakni belajar mempelajari suara-suara aneh yang keluar dari part-part mobil saat mesin dioperasikan. Dengarkan bunyi-bunyian tersebut secara teliti dan mendalam, lalu temukan dari mana ia berasal. Jika suara aneh itu muncul di luar box mesin dan mudah terdengar, biasanya ia akan mudah dideteksi. Akan tetapi ketika suara tersebut sulit dijangkau dan sebaai orang awam tidak terlalu mengenalinya, itu berarti sudah waktunya bagi Anda untuk menyerahkannya kepada montir-montir berpengalaman.

Suara mesin yang begitu menggelegar sebenarnya ditimbulkan oleh piston di dalam silinder yang sedang bekerja naik-turun secara bergantian. Perpaduan antara bahan bakar dan oksigen di dalam silinder yang kemudian dipicu oleh percikan api dari busi, membuat mesin mengalami kombusi atau pembakaran. Suara kombusi tersebut akan semakin menjadi-jadi ketika pedal gas ditekan lebih dalam karena campuran udara dan bahan bakar semakin pekat. Ketika mesin Anda normal, biasanya terdengar suara yang konsisten dan halus tanpa ada selingan bunyi-bunyian yang aneh-aneh.

Kerusakan pada piston ini biasanya bisa diidentifikasi ketika terdengar suara seperti piston membentur sesuatu, suara seperti gesekan, atau hantaman antara logam dengan logam sehingga suara mesin terdengar sangat kasar. Jika Anda menemukan mesin mobil Anda mengeluarkan suara aneh tersebut, segeralah bawa kendaraan kesayangan Anda ke ahli terpercaya untuk diperiksa.


Kerusakan pada fan radiator dan belt kipas juga bisa menyebabkan mobil mengeluarkan suara-suara aneh. Terdapat banyak belt yang bersinergi menghubungkan beberapa puli untuk menghidupkan seluruh komponen mesin. Belt tersebut menyambungkan tenaga dari puli penggerak ke beberapa komponen tertentu seperti alternator, pompa power steering, pompa air, kompresor AC dan kipas radiator. Saat memasang belt dan menghubungkan ke puli, ketegangan sabuk tersebut sangat diperhitungkan agar traksi yang disalurkan tetap utuh dan efektif.

Belt dan puli yang sudah waktunya diberi perawatan atau pergantian biasanya terdengar melengking setiap kali berputar. Tidak jarang pula suara aneh tersebut terdengar semakin nyaring dan membuat risih pendengaran.

Penyebab utama suara aneh tersebut bisa jadi karena belt yang sudah aus atau poros puli yang kotor sehingga sesak saat melakukan rotasi.

Setiap mobil memiliki banyak selang sebagai jembatan penyalur berbagai material, mulai dari udara, air maupun bahan bakar. Ketika selang sudah tidak lagi muda, biasanya ia akan mengeras dan mudah pecah. Saat itu terjadi, distribusi material ke mesin akan mengalami gangguan dan menyebabkan mobil mengeluarkan suara aneh seperti mendesis ketika selang udara bocor, atau mungkin berisiknya bunyi tekanan air yang menyembur saat selang cairan berlubang.

Selang yang berfungsi untuk menyalurkan bahan bakar dan udara ke ruang bakar juga bisa menyebabkan mobil mengeluarkan suara aneh. Hal itu disebabkan oleh pengalokasian dua material tersebut yang tidak efektif sehingga pembakaran menjadi terganggu. Biasanya mesin terdengar kasar atau mesin mudah sekali mati.

Ketika mesin berakselerasi, kebocoran selang itu akan membuat mobil kehilangan tenaga dan cenderung berat di tarikan. Lebih buruk lagi, mesin tidak akan menyala. Dan selanjutnya, suara-suara mendesis akan keluar dari ujung-ujung selang karena tekanan udara yang bocor.

Desisan udara seperti itu juga bisa didengar jika selang radiator retak dan berlubang. Bunyi yang tidak wajar biasanya akan diikuti dengan gemericik air radiator jika selang reservoir coolant ikut rusak. Padahal part ini memiliki fungsi sangat vital sebagai pendingin mesin dikala panas.


Tugas besar suspensi adalah menjaga roda menapak secara stabil di jalan dan mengendalikan gerakan frame dengan bodi bergerak halus naik-turun saat melewati medan yang tidak rata.

Suspensi diwakili oleh sebuah per besar yang menghubungkan antara rangka dengan kaki mobil dan meredam hentakan mobil yang bergerak ke atas dan ke bawah. Di kala komponen ini rusak, biasanya akan terdengar suara benturan dua benda keras saat melewati jalan bergelombang.

Jika Anda menemukan kasus sedemikian, itu berarti suspensi mobil sudah tidak lagi berfungsi sempurna yang tidak jarang disebabkan oleh kebocoran seal sebagai penahan oil di dalam tabung hidrolis per.

Suara aneh lainnya bisa ditemui pada sistem pengereman mobil. Kerusakan yang terjadi di sektor rem sangat mudah dikenali karena ketika kampas rem atau cakram telah aus, akan keluar suara-suara mendecit yang kerap kali membuat risih telinga. Hal tersebut wajar terjadi karena adanya dua logam yang saling bergesekan antara cakram dengan bantalan kampas rem.

Selain suara aneh yang tidak enak didengar, ausnya lini pengereman juga seringkali membuat cengkraman antara kampas dan cakram tidak sempurna sehingga laju mobil semakin sulit dihentikan.

Fungsi utama knalpot bukan hanya meredam suara mesin yang kasar dan berisik, tapi ia juga berperan kuat sebagai lubang pengeluaran sisa-sisa pembakaran dari dalam silinder mesin. Jika Anda peka dengan suara dasar knalpot mobil, kemungkinan besar Anda akan mendengar pula raungan yang aneh ketika knalpot mengalami kerusakan.

Suara aneh itu umumnya keluar dari knalpot bocor yang turut mengubah irama suara yang keluar. Knalpot normal mengeluarkan suara halus karena filter atau silencer yang masih bekerja. Tapi ketika lapisan bodi knalpot rusak yang seringkali disebabkan oleh korosi, maka output suaranya akan berubah cempreng dan kurang sedap didengar.

Gesekan ban mobil dengan aspal atau jalan akan menimbulkan suara-suara aneh. Hal ini kerap kali terjadi pada ban-ban bertapak lebar seperti kepunyaan Taft GT atau sejenisnya. Peristiwa ini bukan hal yang aneh dan biasa terjadi dengan semua ban, namun dengan intensitas suara yang berbeda-beda.

Kerusakan pada ulir-ulir ban biasanya juga bisa diketahui dari suara aneh yang selalu keluar saat mobil berjalan. Umumnya, suara tersebut akan semakin nyaring saat mobil dipacu kecepatan mulai 100 Km/h, namun ban yang masih normal akan mengeluarkan ritme suara yang konsisten. Untuk ban yang sudah gundul dan membutuhkan pergantian, bunyi-bunyian aneh itu akan terdengar secara acak dan bisa saja mempengaruhi handling. Faktor utama yang kemungkinan meyebabkan masalah seperti ini adalah tapak ban yang terkikis tidak rata.

Mobil Terbaru

Promo
Best Seller
Best Seller

Related Article Kenali Penyebab Mobil Bersuara Aneh

Salah satu efek yang mengancam para pemilik kendaraan gelindingan empat ataupun mobil merupakan alat kehangatan (overheat). bila mobil anda menyandang permasalahan tersebut hati-hati, jadinya bisa…

masalah yang paling mendongkolkan masa mengunjungi sangkutan pada mobil yaitu sesuatu situasi yang menimbulkan mobil itu tidak mampu melaksanakan starting engine. dan lazimnya pada kasus…

Salah satu ancaman yang meneror para pemilik kendaraan cakra empat atau mobil ialah jentera kehangatan (overheat). jikalau mobil anda mempunyai persoalan tersebut hati-hati, akibatnya mampu…

Please follow & like us :)

Follow by Email
Facebook
Facebook
Twitter
Visit Us