PT. SUN STAR MOTOR SMG

Jl. Perintis Kemerdekaan 16 A, Banyumanik - SMG

Menu

Knocking/Ngelitik di mesin mobil turbocharger

Wednesday, January 23rd 2019.

Penyebab Mesin “ngelitik” Saat Akselerasi ;

Ngelitik atau knocking adalah suara ketukan halus yang terdengar dari dalam mesin saat akselerasi atau saat mobil berada dalam beban berat seperti : Mengemudi pada jalan yang menanjak, Menarik gandengan, saat menyalip mobil di jalan tol dll ). Ngelitik terjadi karena bahan bakar terbakar pada waktu yang tidak tepat.

Knocking atau detonasi terjadi karena bahan bakar terbakar secara “mendadak” diluar waktu yang seharusnya. Hal ini terjadi karena suhu dan tekanan di dalam ruang bakr terlalu tinggi. Kejadian ini hampir sama dengan yang disebut pre-ignition, namun bedanya adalah pada pre ignition bahan bakar dibakar sebelum busi memercikksan bunga api karena adanya titik api atau panas di dalam ruang bakar. Pre ignition dapat membuat bagian atas piston berlubang.

 

Penyebab Mesin "ngelitik" Saat Akselerasi
Mesin Ngelitik

Detonasi atau knocking yang berlangsung dalam waktu yang lama dapat menimbulkan beberapa kerusakan pada mesin, seperti: kerusakan gasjet kepala silinder, ring piston patah kerusakan pada piston dan bearing con rod.

Beberapa Penyebab Mesin Ngelitik

Berikut adalah beberapa hal yang sering menjadi penyebab munculnya gejala ngelitik:

1. EGR Valve tidak berfungsi.

EGR valve seharusnya terbuka saat mesin diakselerasi atau sedang dalam beban berat. Hal ini akan membuat kevakuman pada intake manifold menghisap sebagian gas buang masuk melalui EGR valve untuk “merubah” perbandingan bahan bakar dan udara. Akibatnya temperatur ruang bakar akan turun dan mencegah terjadinya knocking atau ngelitik. Periksa kondisi kerja dari EGR valve dan periksa kemungkinan penumpukan lapisan karbon pada valve pintlenya¬† atau pada lubang valve yang dapat menghambat aliran gas buang masuk kembaliu ke dalam mesin. Bersihkan deposit karbon dengan menggunakan sikat kawat dan pembersih carburetor cleaner atau gantilah valve EGR jika memang sudah rusak.

2. Knock Sensor rusak.

Mesin mempunyai knock sensor yang berfungsi untuk mendeteksi terjadinya knocking dan memberi informasi ke ECU untuk memundurkan timing pengapian. Jika mesin membutuhkan bahan bakar dengan oktan yang tinggi namun diisi dengan bahan bakar yang lebih rendah, knock sensor akan mendeteksi terjadinya knocking yang mungkin terjadi saat mesin bekerja dalam beban berat sehingga ECM akan memundurkan timing pengapian.
Hal ini akan memb uat tenaga mesin sedikit turun, namun akan melindungi mesin dari knocking. Namun jika knock sensor tidak dapat berfungsi dengan baik, maka timing pengapian tidak dapat dimundurkan saat diperlukan. Konsekuensinya akan muncul bunyi ketukan atau ngelitik saat mesin diakselerasi.

Pemeriksaan knock sensor dapat dilakukan dengan memukul bagian mesin didekat knock sensor menggunakan kuncu pas atau ring sambil memperhatikan timing pengapian atau sensor input menggunakan scantool untuk melihat apakah sensor mengirimkan sinyal untuk memundurkan timing pengapian.

Mobil Terbaru

Best Seller
Best Seller
Best Seller
Limited

Related Article Knocking/Ngelitik di mesin mobil turbocharger

Thursday 1 November 2018 | News & Info

Memboyong mobil bekas benar jadi pengganti bikin kamu ynag mau memiliki mobil atas budget seadanya. akan tetapi membeli mobil bekas tentunya enggak saja muncul lebih…

Tuesday 25 December 2018 | News & Info

Overheating merupakan kondisi dimana mesin mobil mencapai temperatur yang cukup tinggi sehingga menyebabkan masalah misalnya saja mobil yang mati secara tiba-tiba. Biasanya overheating ini dapat…

Wednesday 4 January 2017 | News & Info

Tips Mengemudi Mobil Mitsubishi Mirage Agar Semakin Irit ¬†dealer mitsubishi semarang : ¬†Mitsubishi Mirage adalah sebuah mobil LCGC asal pabrikan Mitsubishi yang cukup populer di…

Please follow & like us :)

Follow by Email
Facebook
Facebook
Google+
http://mitsubishismg.com/knocking-ngelitik-di-mesin-mobil-turbocharger
Twitter
Visit Us