PT. SUN STAR MOTOR SMG

Jl. Perintis Kemerdekaan 16 A, Banyumanik - SMG

Menu

Memperbaiki kaca mobil yang retak

Tuesday, January 15th 2019.
Kaca mobil yang retak dapat diperbaiki dengan teknik lem

Kaca mobil yang retak dapat diperbaiki dengan teknik lem Guas /Shutterstock

Jangan gusar bila mendapati kaca retak pada mobil Anda. Sekarang teknologi dapat membantu memperbaiki kerusakan tersebut.

Audy, pemilik bengkel spesialis suntik kaca di Jalan Almubarok, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, mengatakan bahwa kaca retak biasanya terjadi pentalan kerikil atau batu kecil di jalan raya.

“Sering saya tangani penyebabnya dari batu yang terpental dan menghantam kaca bagian depan saat mobil melaju kencang. Keretakan kaca mobil juga memiliki bentuk dan ukuran yang beragam, tergantung ukuran batu dan kecepatan mobil pada saat kejadian,” kata Audy.

Untuk memperbaiki keretakan dilakukan dengan cara suntik kaca. Beberapa tahap dilakukan seperti membersihkan bagian kaca yang retak. Lalu, menggunakan bor dengan mata bor khusus berukuran kecil. Hal ini untuk memasukkan cairan khusus yang berfungsi sebagai lem, sebelum kemudian di tekan menggunakan alat khusus bernama piston pres.

Terakhir dilakukan pengeringan, dengan menggunakan lampu sinar ultraviolet selama 3-5 menit.

Jenis retak yang dapat diperbaiki menurut pria berambut panjang tersebut adalah retak yang berbentuk bulat atau lingkaran.

“Kalau retak berbentuk bulat bisa kembali mulus lagi dan hampir tak berbekas sama sekali. Tingkat keberhasilan lebih dari 80 persen. Sedangkan untuk retak yang berbentuk garis memanjang, batas maksimal hanya 10 sentimeter,” jelas dia.

Audy menyarankan, untuk kaca mobil yang sudah disuntik tidak boleh terlalu sering terkena panas matahari secara langsung. Tujuannya, untuk memperpanjang usia kaca yang baru diperbaiki tersebut.

Hal senada diungkapan oleh Jhenny, salah satu staf toko spesialis reparasi kaca retak, Yoong Motor di Jakarta.

“Kaca retak yang maksimal retakannya sebesar uang koin pecahan seratus yang masih gambar gunungan, itu masih bisa dibantu perbaiki, istilahnya suntik kaca atau las kaca retak,” ujar Jhenny kepada Antara.

“Kami suntik atau istilah di las, kami masukkan cairan khusus ke dalam yang akan mengikat bagian retak. Tujuan, satu, kami mengelem kembali. Kedua, tidak menyebabkan retakan memanjang. Kami redam retak itu hanya pada posisi yang retak saat itu,” terang Jhenny.

Seluruh proses pengerjaan memakan waktu sekitar dua jam.

Menurut Jhenny retakan kaca yang sebelumnya berukuran koin akan mengecil menjadi hanya seukuran titik kecil yang samar terlihat oleh mata.

Dinukil dari laman Popularmechanic, jenis retak kaca yang dapat diperbaiki adalah yang memiliki bentuk bulat seperti bunga, bulat mata sapi. Ada beberapa bentuk lain termasuk bentuk yang sulit diperbaiki dapat Anda lihat di tautan ini.

Untuk diketahui, kebanyakan kaca depan mobil saat ini terdiri dari tiga lapisan. Pertama kaca. Kedua, lapisan plastik perekat. Terakhir adalah kaca.

Lapisan plastik di tengah juga berfungsi sebagai peredam benturan sehingga serpihan tidak besar dan melukai penumpang.

“Yang penting, saat dilubangi dengan bor tidak mengenai lapisan plastik tengah. Kalau sampai rusak plastiknya, itu sudah bocor dan kaca itu tidak bisa diperbaiki lagi,” ujar Jana Saputra dari JPM Auto Detailing.

Jika Anda menemukan titik retakan atau baret halus pada bagian kaca mobil, sebelum membawa ke bengkel perbaikan kaca, baik lakukan beberapa tip sederhana ini.

Sebagai tindakan pertama, letakkan selembar pita perekat bening pada lokasi retak agar titik retak mudah ditemukan oleh teknisi bengkel, sekaligus membuat retak tidak bertambah lebar dan terhindar dari debu dan kerikil halus.

Jangan mencuci mobil pada bagian kaca yang retak tadi menggunakan mesin air bertekanan tinggi, seperti yang lazim ada pada tempat mencuci mobil. Air dengan tekanan tinggi dapat masuk ke bagian retak dan menyulitkan saat dilakukan perbaikan.

Jangan kendarai mobil dengan kecepatan tinggi, melalui jalan rusak atau tidak rata dan mengalami guncangan karena dapat membuat retak menjadi lebih lebar.

Hindari membanting pintu mobil dan jangan tutup pintu dengan posisi kaca jendela tertutup penuh. Getaran atau gaya tekanan udara di dalam kabin mobil dapat menyebabkan retak melebar.

Lalu. hindari juga penggunaan pendingin kendaran dengan suhu tinggi, perbedaan suhu di dalam dan di luar kabin dapat memicu retak menjadi lebih parah.

Mobil Terbaru

Limited
Best Seller
Best Seller

Related Article Memperbaiki kaca mobil yang retak

perihal yang setidaknya menyebalkan kala menyambangi menyongsong halangan pada mobil yaitu suatu situasi yang menyebabkan mobil tersebut tidak dapat melaksanakan starting engine. dan rata-rata pada…

Salah satu efek yang meneror para pemilik alat transportasi cakra empat atau mobil ialah pesawat kemarahan (overheat). kalau mobil kalian mempunyai persoalan tersebut hati-hati, alhasil…

Salah satu bahaya yang memperingati para pemilik kendaraan jentera empat alias mobil ialah alat kemarahan (overheat). kalau mobil kalian memiliki persoalan itu hati-hati, akhirnya dapat…

Please follow & like us :)

Follow by Email
Facebook
Facebook
Twitter
Visit Us