PT. SUN STAR MOTOR SMG

Jl. Perintis Kemerdekaan 16 A, Banyumanik - SMG

Menu

Mengatasi CD Tidak Keluar Dari Head Unit

Monday, January 14th 2019.

Pemilik mobil baru sebaiknya lebih waspada jika hendak memutar CD audio bajakan atau hasil copy-an dari file MP3. Sebab tidak semua head unit (HU) standar pada varian mobil terbaru bisa meresponnya, lantaran sudah dibekali fitur anti-pembajakan (No Piracy).

Seperti halnya yang membekali sistem audio di beberapa varian anyar macam Audi A8, Chevrolet Captiva, New Honda Jazz, Peugeot 508 Turbo, Toyota New Yaris. HU di semua mobil tadi sangat alergi dengan keping CD hasil konversi dari file audio menjadi format MP3, atau CD bajakan yang banyak dijajakan di pasaran umum.

Indikasi kalau HU sudah dibekali fitur anti-pembajakan, sistem tak mau atau tidak bisa membaca format file dari keping CD yang diputar. Pada beberapa kasus, panel display muncul tulisan ‘No respon’ atau reading disc terus-menerus.

Kebanyakan pemilik yang tak sadar kalau head unit standar mobilnya sudah ada sistem itu (fitur anti-pembajakan), bakal panik karena dianggapnya rusak.

Kondisi yang terjadi biasanya setelah keping CD ‘tertelan’ di head unit, tak mau dikeluarkan alias macet (jamming). Padahal ada kiat mudah untuk mengeluarkannya, sebab di beberapa model head unit sudah dilengkapi menu untuk me-reset ke kondisi normal. Pada beberapa varian misalnya Chevrolet Captiva terdapat lubang tombol bertuliskan ‘Security’.

Semisal pada New Jazz RS, cara mengatasi CD yang sulit dikeluarkan dari slot head unit, dengan cara menekan lubang kecil pada sisi bawah panel depan head unit model double DIN-nya menggunakan ujung paper clip atau batang keras apa saja yang ukurannya bisa masuk ke dalam lubang tombolnya.

Pada beberapa model head unit aftermarket memang sudah dilengkapi menu untuk me-reset tersebut. Terutama jika terjadi kesalahan sistem seperti tidak mau membaca file lagu bajakan/MP3 atau macet saat CD hendak dikeluarkan.

Cara gampang lainnya, bisa terapkan metode sederhana dengan mematikan head unit beberapa saat, kemudian menghidupkannya kembali. Setelah kondisi ON, langsung tekan tombol eject untuk mengeluarkan CD yang tertelan akibat sistem ERROR.

Kondisi ini disarankan hanya diterapkan pada model integrated, yang tidak dilengkapi tombol reset untuk memuntahkan CD ke luar.

Mobil Terbaru

Best Seller
Best Seller
Best Seller
Promo

Related Article Mengatasi CD Tidak Keluar Dari Head Unit

Transmisi di mobil ada dua, yakni manual dan otomatis. Fungsinya adalah meneruskan tenaga dari mesin menuju roda. Kedua transmisi bukan tanpa masalah. Umumnya masalah disebabkan…

Thursday 9 August 2018 | News & Info

Setahun setelah diluncurkan pada ajang GIIAS 2017 lalu, MITSUBISHI XPANDER mendapatkan penyegaran melalui hadirnya pilihan warna baru Deep Bronze Metallic yang tersedia untuk varian Ultimate dan Sport.…

Prominent words: kebocoran radiator maka anda, setelah anda mengetahui cara, bahaya radiator bocor, setelah anda mengetahui, sistem pendingin di, pendingin di mesin, penyebab terjadinya kebocoran, bila anda biarkan, anda akan mengalami, kebocoran radiator maka, radiator maka…

Please follow & like us :)

Follow by Email
Facebook
Facebook
Twitter
Visit Us