PT. SUN STAR MOTOR SMG

Jl. Perintis Kemerdekaan 16 A, Banyumanik - SMG

Menu

Mengemudi Saat Hujan, Ingat 3 Hal Ini Jika Ingin Selamat!

Monday, November 5th 2018.

Bagi kita yang telah mengalami jaman kemarau berbulan-bulan, datangnya hujang dari langit jadi sesuatu yang amat disyukuri. Selain membuat kondisi lebih adem, hujan memberi faedah besar pada banyak perihal layaknya lahan pertanian jadi basah sehingga gampang diolah petani dan tanaman lebih cepat tumbuh. Bagi pengemudi kendaraan, mengemudi saat hujan jadi sesuatu yang amat menantang. Banyak perihal yang mesti diperhatikan sehingga keamanan berkendara lebih terjamin.

Pertama; Jarak berhenti lebih jauh

Pengereman tidak maksimal karena jalanan licin

Jalanan basah dan licin membuat pengereman tidak semaksimal layaknya saat jalanan kering. Roda tidak memiliki daya cengkeram yang kuat sehingga berpotensi menabrak kendaraan lain di depan atau terjatuh.

Kedua; Jarak pandang terbatas
Visibilitas terganggu air hujan dan kabut Air di kaca depan Anda membuat kendaraan lain, rambu-rambu jalan, pejalan kaki, dan jalanan lebih susah dilihat. Hal ini berpotensi pada pelanggaran selanjutnya lintas dan juga menabrak kendaraan lain dari belakang.

Ketiga; Potensi Aquaplaning

Hujan mengundang banyak genangan di jalan yang membahayakan kendaraan. Selain berpotensi terperosok di lobang jalan yang tak terlihat, kendaraan termasuk berisiko terkena aquaplaning. Ban kehilangan traksi sehingga mobil tidak bisa direm atau nampak dari jalan semestinya. Dalam lebih dari satu kasus, aquaplanning membuat kecelakaan fatal layaknya terguling dan tabrakan hebat.

Solusinya sehingga mengemudi saat hujan safe dan terhindar dari kecelakaan adalah berhati-hati, perhatikan jarak aman, membersihkan kaca dari embun bersama dengan mengelap atau mengaktifkan fitur defogger, dan kurangi kecepatan bersama dengan pengereman jarak jauh.

Mobil Terbaru

Best Seller
Best Seller
Best Seller
Limited

Related Article Mengemudi Saat Hujan, Ingat 3 Hal Ini Jika Ingin Selamat!

Salah satu masalah yang pernah dialami sebagian pemilik kendaraan adalah kaca mobil retak akibat terkena benturan. Disarankan jangan buru-buru diganti karena harga kaca sangat mahal.…

Mesin kondisi panas, ketika mati susah hidup lagi. Ada apa dengan MT-03 ?  lansiran 2003 punya KHS sedang ngambek bin mogok. Untungnya mogok sudah didepan…

Istilah “ water hammer” sudah cukup familiar di telinga, terutama saat musim banjir tiba sampai musibah tsunami terjadi. Situasi yang memungkinkan mesin mobil terendam air,…

Please follow & like us :)

Follow by Email
Facebook
Facebook
Twitter
Visit Us