PT. SUN STAR MOTOR SMG

Jl. Perintis Kemerdekaan 16 A, Banyumanik - SMG

Menu

Mengenal gejala knocking pada mesin mobil

Wednesday, January 23rd 2019.

Bagi pengguna kendaraan pribadi seperti mobil, patut memahami bahwa usia mobil bukanlah patokan baik tidaknya kondisi keseluruhan mobil. Mobil yang jarak tempuhnya sudah jauh, belum tentu mengalami masalah ringan hingga yang lebih berat.

Seluruh hal yang berurusan dengan baik tidaknya kondisi mobil justru ditentukan oleh bagaimana cara penggunanya dalam melakukan perawatan. Mulai dari ruang mesin, kaki-kaki, hingga bagian bodi dan kabin yang harus mendapatkan perhatian dan perawatan dari pemiliknya.

Namun ada satu persoalan pada mobil yang tidak bisa diprediksi, yaitu gejala knockingatau ngelitik. Gejala knocking bisa didengar seperti adanya bunyi di dalam mesin seperti ketukan. Ada beberapa hal yang dapat membuat suara knocking. Komponen-komponen mesin yang bergesek atau berbenturan, tidak bekerja optimal sehingga kerusakan pada komponen mesin.

Bahan bakar berkualitas rendah

Gejala knocking yang paling umum adalah karena penggunaan bahan bakar minyak (BBM) dengan oktan rendah. Penggunaan BBM dengan kualitas rendah dapat menyebabkan naiknya temperatur dan tekanan di dalam ruang bakar mesin.

Pembakaran BBM yang mestinya terbakar secara bersamaan dengan waktu siklus mesin, tidak berjalan optimal. Artinya BBM yang terbakar akan terbawa sampai siklus berikutnya. Saat BBM tidak terbakar dengan sempurna, dapat menimbulkan ledakan seperti bola api dan dapat mengganggu siklus dan merusak komponen mesin.

Masalah seperti ini dapat menyebabkan pre-ignition (pembakaran dini), yakni ketika BBM terbakar di mesin lebih awal dari semestinya. Ada dua cara BBM dapat menyala di ruang bakar mesin; dari busi atau dari rasio kompresi yang salah. Jika hal ini dibiarkan akan terjadi penumpukan yang dapat mempengaruhi ruangan dalam silinder sehingga menjadi penyebab dari ketukan pada mesin.

Deposit pada dinding silinder

Deposit adalah siklus jahat yang jadi penyebab utama bunyi pada mesin yang dapat membuat masalah lebih besar. Rendahnya kualitas bahan bakar dan pra-pengapian membentuk deposit berbahaya yang dan akan terus menumpuk.

Deposit ini mengambil ruang penting yang dibutuhkan untuk menjalankan fungsi normal mesin yaitu pencampuran udara dan bahan bakar. Ibarat tubuh manusia, maka deposit ini serupa dengan endapan kolesterol di dalam pembuluh darah, sehingga darah akan sulit untuk mengalir ke seluruh tubuh.

Dengan deposit yang tebal menyebabkan meningkatnya kompresi dalam silinder, dan jika kompresi yang lebih tinggi ini tidak diperhitungkan (seperti menggunakan bensin oktan yang lebih tinggi atau menyesuaikan rentang suhu mesin) maka dapat menyebabkan knocking.

Pemilihan busi yang salah

Busi membantu mengendalikan kondisi ruang mesin dan beroperasi secara presisi. Pemilihan busi yang salah membuat pembakaran BBM kurang optimal. Tersebab itu pula, dapat menyebabkan penumpukan di ruang bakar dan mengubah suhu dalam mesin.

Penyebab knocking lainnya adalah sistem injeksi yang kotor, sensor knock rusak, piston ring bengkok, segel katup terkelupas, dan suhu mesin yang terlalu panas.

Jika gejala tersebut sudah muncul, solusi dan penanganan darurat dapat dilakukan secara sederhana. Anda dapat mengganti jenis BBM yang selama ini digunakan dengan angka oktan yang lebih tinggi dari yang digunakan saat ini.

Rata-rata mobil di Indonesia saat ini sudah direkomendasikan untuk menggunakan BBM oktan di atas 90. Jika BBM dalam tangki sudah mengendap terlalu lama dan dianggap tidak bagus lagi, Anda dapat menambahkan oktan aditif ke dalam tangki bensin saat pengisian BBM untuk membantu menjaga kualitas BBM dan membersihkan ruang pembakaran dari kotoran yang menumpuk.

Pastikan Anda memeriksa dan melakukan perawatan pada setiap bagian tersebut agar mobil Anda terhindar dari kondisi knocking. Setelah itu, berikan manfaat perlindungan asuransi agar mobil terlindungi apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

Dengan layanan Garda Oto Digital Anda #MakinGampang untuk melakukan klaim kerusakan kendaraan termasuk saat mesin mengalami masalah yang tidak bisa ditangani sendiri. Fitur terbaru dari asuransi Garda Oto ini, memungkinkan proses klaim asuransi dilakukan tanpa perlu keluar dari rumah atau kantor Anda.

Garda Oto Digital juga memberikan kemudahan perbaikan kendaraan dengan hadirnya layanan antar jemput mobil menuju bengkel pilihan Anda. Saat perbaikan selesai dilakukan mobil dapat diantar kembali ke tempat yang Anda inginkan. Selain hemat biaya, layanan ini juga hemat waktu, sehingga produktivitas Anda tidak akan terganggu.

Tak hanya itu saja, Garda Oto Digital juga menawarkan ragam keuntungan untuk pelanggan, seperti pemberian hadiah langsung dan cicilan 0% dari bank yang bekerja sama. Untuk mendapatkan info lebih lanjut tentang layanan Garda Oto Digital

Mobil Terbaru

Best Seller
Promo
Best Seller

Related Article Mengenal gejala knocking pada mesin mobil

Tuesday 25 December 2018 | News & Info

Overheating merupakan kondisi dimana mesin mobil mencapai temperatur yang cukup tinggi sehingga menyebabkan masalah misalnya saja mobil yang mati secara tiba-tiba. Biasanya overheating ini dapat…

Saturday 7 January 2017 | News & Info

Cara Mengecek Kualitas Oli Pada Mobil Langkah Untuk Mengetahui Kualitas Oli Pada Mobil :   Beberapa orang mungkin ingin mengetahui kelayakan oli pada mobil tanpa…

Penyebab Mobil Kurang Bertenaga dan Cara Mengatasinya ; Anda pernah jalan-jalan ke puncak atau ke daerah yang banyak gunung serta jalannya terjal? Iya, bahkan tidak…

Please follow & like us :)

Follow by Email
Facebook
Facebook
Twitter
Visit Us