PT. SUN STAR MOTOR SMG

Jl. Perintis Kemerdekaan 16 A, Banyumanik - SMG

Menu

Mengenal Lebih Jauh Istilah “Water Hammer” Pada Mesin

Wednesday, January 23rd 2019.

Pernahkah melihat sebuah mobil mewah diderek masuk ke bengkel karna mogok? Kok bisa sih mobil mewah mogok? Ternyata mobil mewah yang mogok tersebut habis menerobos banjir dan kemudian tiba-tiba mobil langsung mati. Sudah coba di starter juga tetap tidak bisa sampai starter hangus. Saat ditanyakan ke mekanik, sepertinya terjadi water hammer. Sebenarnya apasih water hammer itu? Yuk, simak penjelasan dibawah.

Istilah water hammer ini adalah istilah mesin yang kemasukan air dan air telah masuk hingga keruang bakar. Saat di kompresikan akan menyebabkan stang piston (connecting rod) bengkok, dan tidak bisa digunakan lagi. Hal tersebut yang menjadi penyebab mesin mogok. Karena, sifat cairan yang tidak bisa berkurang volume nya apabila di kompresi, akhirnya stang piston yang kalah.

Lalu, apa penyebab dari water hammer ini? Ternyata, yang paling banyak adalah karena menerobos banjir yang cukup tinggi sehingga air masuk melalui saluran udara. Oleh karena itu mobil-mobil off-roadkebanyakan meletakkan saluran udara di atas belakang, ternyata agar terhindar dari masalah water hammer.

Faktor lain yang mengakibatkan water hammer adalah penggunaan pembersih bahan bakar dengan cara dimasukkan kedalam ruang bakar secara langsung. Jika di bengkel ada yang disebut dengan super engine conditioner yang berfungsi untuk merontokan kerak pada mesin. Memang membantu untuk mengurangi kerak pada mesin, namun yang harus dikeluarkan adalah cairan yang sudah masuk kedalam ruang bakar, karena bahan pembersih ini beerupa cairan yang harus dikeluarkan. Banyak cara yang dilakukan, ada yang disedot, hingga membuka busi , kemudian mobil di starter hingga cairan keluar dari lubang busi. Dan harus dipastikan bahwa sudah tidak ada lagi cairan didalamnya, karena jika ikut terkompresi bisa menyebabkan water hammer.

Jangan pernah menerjang banjir jika sekiranya berbahaya dan berpeluang air masuk kedalam mesin. Jangan pula melakukan perawatan dengan cara yang ekstrim, kalaupun harus menggunakan pembersih kerak, pastikan jika dikerjakaan sesuai dengan prosedur demi keamanan kendaraan Anda.

Semoga Bernanfaat!

Mobil Terbaru

Limited
Best Seller
Promo
Best Seller
Best Seller

Related Article Mengenal Lebih Jauh Istilah “Water Hammer” Pada Mesin

Kaca depan pada mobil memang rawan terhadap kerusakan. Ada banyak jenis kerusakan pada kaca depan mobil, mulai dari baret, retak, sampai dengan pecah. Sebagai pengguna…

0.1 Deteksi Mesin Brebet, Antara Pengapian dan Bahan Bakar -Penyebab mesin brebet secara garis besar ada dua, yakni yang berhubungan dengan api dan bahan bakar.…

 Cara mengatasi DVD mobil yang mati total, yang pertama-tama adalah cek tegangan pada mobil, yaitu tegangan B+ sebesar 12V dan tegangan ACC sebesar  12V. apabila…

Please follow & like us :)

Follow by Email
Facebook
Facebook
Twitter
Visit Us