PT. SUN STAR MOTOR SMG

Jl. Perintis Kemerdekaan 16 A, Banyumanik - SMG

Menu

Mesin Sering Hidup – Mati Tidak Jelas

Saturday, January 19th 2019.

Solusi Otomotif: Mesin Mati Mendadak, Ada Hubungannya dengan Sensor?

Liputan6.com, Jakarta Saya punya masalah dengan mobil Toyota Avanza tahun 2009. Pada awalnya mobil ini tidak ada masalah, akan tetapi ketika saya pakai untuk jalan tiba-tibaesin mati. Lalu saya diamkan sekitar 15 menit kemudian mobil saya starter dan bisa hidup, akan tetapi ketika mesin mobil panas, mesin mobil tiba-tiba mati.

Kemudian saya memanggil bengkel terdekat (tidak resmi), mobil di bawa ke bengkel dan dicek dan ternyata mobil saya harus ganti Sensor CKP/Sensor Crankshaft/Sensor Kruk as/Sensor Krek as. Kemudian mobil bisa normal kembali seperti semula.

Untuk waktunya relatif. Namun bila suatu mobil dari baru dan dipakai sesuai dengan petunjuk serta rekomendasi pabrik, sebagai contoh pemakaian bahan bakar yang direkomendasikan sesuai petunjuk maka bisa dipastikan usia sensor-sensor bisa lebih di atas 5 tahun umurnya.

Nah, pemilik kendaraan tidak usah khawatir mengenai kapan saatnya sensor-sensor pada mobil mengalami penurunan kemampuan alias mulai rusak.

Kami berikan tips-tips sebagai berikut:

1. Mobil sekarang pada umumnya sudah injeksi dan semuanya dikontrol oleh komputer alias ECU.

2. Terdapat sistem diagnosis (mendeteksi sendiri) pada sistem ECU ketika terjadi penurunan kemampuan/kerusakan pada suatu sensor dan tersimpan di internal sistem ECU.

3. Deteksi dini terkait kerusakan sensor-sensor dapat dirasakan dan dilihat oleh pemilik kendaraan, seperti yang disebutkan pada pertanyaan, kadang mesin tersendat, batuk-batuk, tidak bertenaga, putaran stasioner tidak stabil, dan sebagainya.

4. Biasanya lampu Check Engine (warna kuning) pada combination meter/dashboard menyala ketika ada suatu sensor yang mengalami masalah.

Mobil Terbaru

Promo
Limited
Best Seller
Best Seller

Related Article Mesin Sering Hidup – Mati Tidak Jelas

Apa yg harus dilakukan untuk pasang turbo. ( umumnya untuk boost 1 bar ) : 1. Mesin harus dalam kondisi bagus, tidak boleh ngebul, tidak…

Monday 3 July 2017 | News & Info

Sekencang dan secangih apapun sebuah kendaraan baik mobil/motor pasti memiliki batas kecepatan maksimum yang harus kita ketahui. Saat Anda melakukan perjalanan jauh seperti mudik sebaran saat ini, pasti memacu…

Menganalisa Kerusakan Mesin Berdasarkan Bunyi Berisik Yang Timbul. Bunyi berisik yang keluar dari dalam mesin merupakan indikasi ada sesuatu yang bermasalah pada mesin. Memang saat…

Please follow & like us :)

Follow by Email
Facebook
Facebook
Twitter
Visit Us