PT. SUN STAR MOTOR SMG

Jl. Perintis Kemerdekaan 16 A, Banyumanik - SMG

Menu

Mitos Bahaya Parkir Ban Depan Mobil Tidak Lurus Dan Penyebabnya

Tuesday, June 13th 2017.

Posisi ban depan mobil merupakan salah satu yang harus diperhatikan saat parkir. Banyak masyarakat berasumsi bahwa saat memarkirkan mobil posisi ban depan harus lurus, jika tidak maka akan menimbulkan kebocoran dan kerusakan pada rumah setir. Hal tersebut hingga saat ini masih terus diperbincangkan dan jadi perdebatan antara hanya sekedar mitos ataukah fakta ilmiyah. Baca juga : Tips dan cara aman parkir mobil matic dengan mudah.

Sebenarnya jawaban ilmiyahnya mengenai kebocoran dan kerusakan rumah setir akibat dari ban mobil depan tidak lurus saat diparkir adalah disebabkan karena tekanan minyak pada setir berlebih, dan dapat menimbulkan perubahan suhu yang dapat menyebabkan komponen karet cepat getas sehingga kotoran dan air dapat masuk dan berimbas pada kerusakan power steering. Namun, sampai saat ini masyarakat ada yang percayai dan tidak percaya anggapan hal itu. Faktanya belum pernah terjadi kerusakan rumah setir akibat ban depan mobil tidak lurus saat diparkirkan.

Secara teknis memarkirkan ban dengan posisi berbelok tidak akan menimbulkan masalah serius. Hal ini merupakan faktor keamanan belaka. Namun, memang akan lebih baik jika memarkirkan mobil posisi ban depan lurus. Setidaknya kendaraan terlihat lebih rapi dan komponen kendaraan kembali keposisi nyaman, tepat dan semesitnya. Kita umpamakan diri kita kalau sedang berdiri, duduk atau tidur jika tidak pada posisi yang pas dalam waktu lama pasti akan terasa tidak nyaman dan bisa pegal-pegal.

Pada saat kita memarkirkan mobil tidak selamanya kita mendaptkan tempat parkir yang lurus dan semestinya. Pasti adakalanya kita akan mendapatkan tempat parkir yang tidak pas sehingga memaksa kita memarkirkan kendaraan pada posisi yang tidak tepat dan memaksa. Misalnya saja kita mendapatkan tempat parkir yang menanjak atau menurun apalagi dibarengi kondisi tmpat yang sempit, tidak rata/ bergelombang dan tidak simetris.

Namun sebaiknya jika ingin memarkirkan mobil memang lebih baik untuk memarkirkannya dengan posisi ban mobil bagian depan harus lurus. Hal ini berguna sekali saat Anda inggin keluar dari tempat parkir dengan mudah. Selain itu hal tersebut juga dapat berguna untuk menghindari bahaya dan resiko terjadinya gersekan dengan kendaraan lain ketika bergerak maju maju atau mundur. Posisi ban saat terparkir dapat lurus atau berbelok dan harus sesuai  dengan kondisi tempat parkir yang ada.

Posisi Ban yang Benar Saat Parkir

Dalam memarkirkan mobil sebaiknya Anda harus bisa menentukan posisi ban mobil yang benar. Agar lebih aman sebaiknya periksalah posisi ban depan Anda saat ingin meninggalkannya. Posisi ban mobil pada saat terparkir berbeda-beda dan posisi ban yang terparkir di jalan yang menanjak atau menurun tentu saja berbeda dengan posisi parkir di jalan lurus.

Untuk mengetahui posisi ban yang benar saat parkir kami menyediakan informasi tentang hal tersebut. Berikut adalah posisi ban yang benar saat parkir.

Posisi Ban Depan Mobil Saat Parkir di Tanjakan Atau Turunan

Pada saat berada di jalanan yang menanjak atau menurun sebaiknya posisi ban depan dibelokkan. Membelokkan ban depan sebaiknya ke arah trotoar atau ke dalamnya. Hal ini berguna agar mobil tidak nyelonong.

Yang paling baik adalah dengan membelokan ban depan mobil mengarah ke bawah dengan sisi trotoar terdekat. Setir juga harus dibelokan ke kiri bodi mobil. Dengan memarkirkan mobil pada jalan turunan atau tanjakan seperti itu akan mengurangi resiko jika sewaktu-waktu rem mobil kita kurang baik dan sebagainya.

Posisi Ban Depan Saat Parkir di Jalan Lurus

Idealnya posisi ban depan pada saat diparkirkan di jalan lurus memang sebaiknya harus lurus. Posisi ban depan yang lurus pada saat terparkir dapat memudahkan Anda untuk mengeluarkan mobil untuk keluar parkiran.

Sebenarnya bukan hanya ban depan saja yang harus diperhatikan pada saat memarkirkan mobil. Anda juga harus memperhatikan ban belakang agar lurus pada saat terparkir di jalan yang datar. Memarkirkan ban dengan posisi lurus juga harus diikuti dengan posisi setir mobil yang juga lurus.

Pada initinya memarkirkan dengan posisi ban depan yang lurus dapat membuat mobil Anda lebih aman jika dibandingkan dengan posisi ban yang berbelok di jalan yang datar atau lurus.

Demikian artikel kali ini yang memberi penjelasan mengenai mitos timbulnya kerusakan jika ban depan mobil tidak lurus saat diparkir dan beberapa penjelasannya.

Mobil Terbaru

Best Seller
Best Seller
Promo

Related Article Mitos Bahaya Parkir Ban Depan Mobil Tidak Lurus Dan Penyebabnya

Wednesday 4 January 2017 | News & Info

Tips Memilih Velg Mobil Untuk Modifikasi Agar Terlihat Bagus Terbaru Beberapa Tips Dan Cara Memilih Velg Mobil Untuk Modifikasi Agar Terlihat Lebih Bagus. mitsubishismg.com –…

Thursday 5 January 2017 | News & Info

Tips Mudah Merawat Knalpot Mobil yang Baik dan Benar dealer resmi mitsubishi semarang: Bagi sebagian orang, mungkin masih banyak yang menganggap jika knalpot pada mobil…

Tuesday 14 February 2017 | News & Info

Seiring dengan kemajuan jaman, jumlah kendaraan semakin meningkat.Di daerah anda juga pasti demikian, hampir semua orang memiliki kendaraan pribadi.Kendaraan pribadi yang banyak dipilih adalah mobil,…

Please follow & like us :)

Follow by Email
Facebook
Facebook
Google+
http://mitsubishismg.com/mitos-bahaya-parkir-ban-depan-mobil-tidak-lurus-dan-penyebabnya
Twitter
Visit Us