PT. SUN STAR MOTOR SMG

Jl. Perintis Kemerdekaan 16 A, Banyumanik - SMG

Menu

Penyebab Dan Tips Atasi Cat Mobil Timbul Bercak Gelembung

Thursday, June 1st 2017.

Kendaraan mobil saat ini memang banyak digandrungi oleh masyarakat kita di Indonesia, tak jarang jika akhirnya mereka selalu memperhatikan kondisi mobil kesayangannya tersebut. Mulai dari melakukan pemeriksaan mesin secara berkala, hingga melakukan sesuatu yang dapat memperindah penampilan mobil seperti melakukan pengecatan terhadap body mobilnya.

Tujuan dari pengcatan mobil yaitu untuk variasi mobil saja atau memang ada bagian yang harus ditutupi dengan pengecatan agar terlihat mulus, sayangnya tidak semua hasil dari pengecatan mobil tersebut memberikan kepuasan bagi pemilik mobil.

Umumnya setelah kita melakukan pengecatan mobil justru terdapat cacat di dalam mobil kita seperti terjadinya paint defect. Hal ini tentu membuat kita harus melakukan pengecatan ulang sampai terlihat sempurna.

Lantas sebenarnya apa penyebab cat mobil timbul gelembung-gelembung? Kualitas cat yang digunakan atau kesalahan saat proses pengecatannya? Tentu Anda bertanya-tanya dan ingin mengetahuinya, untuk itu berikut ulasan lengkapnya agar dijadikan referensi bagi Anda.

Penyebab Cat Mobil Timbul Bercak Gelembung

Campuran Pernis dan Tiner yang Tidak Tepat

Penyebab cat mobil menimbulkan gelembung sebenarnya terjadi karena tiner yang tidak dapat menguap secara sempurna ketika pernis mulai kering. Untuk itu pastikan sebelum dilakukannya pernis Anda harus membersihkan terlebih dahulu body mobil secara keseluruhan sampai bersih setelah itu Anda dapat mencampurkan tiner dan pernis, pastinya pernis telah diaduk secara rata terlebih dahulu.

Ketika tiner telah tercampur dengan pernis maka aduk sampai rata, jangan sampai terdapat busa-busa halus bekas adukan pastikan sampai menghilang, tunggu hingga 2-3 menit maka Anda sudah dapat melakukan proses pernis.

Dalam tahapan pernis pastikan bidang yang dikerjakan tidak terlalu tebal, cukup dilakukan pengulangan dua sampai tiga lapis agar terlihat sempurna, pastikan ketika melakukan pengecatatan mobil Anda terbebas dari debu dan minyak.

Hawa Panas yang Tidak Merata

Penyebab selanjutnya cat mobil timbul bercak gelembung yaitu karena hawa panas yang tidak merata, setelah tercampurnya tiner dan pernis pastikan ketika melakukan seluruh body mobil mempunyai hawa panas yang sama agar nantinya tidak menimbulkan bercak bergelembung.

Proses Pengecatan yang Tidak Tepat

Penyebab selanjutnya yaitu karena proses pengecatan yang dilakukan tidak tepat, hal ini berarti memang kesalahan dari si tukang cat mobil tersebut. Bisa saja mereka kurang memahami mekanisme didalam pengecatan atau melakukan kesalahan dalam proses pengecatan.

Untuk itu pastikan Anda memilih tenaga cat mobil yang benar-benar ahli agar nantinya Anda merasa puas dengan hasil pengecatannya tanpa adanya cacat seperti timbul bercak gelembung.

Kondisi Lingkungan Pengecatan yang Buruk

Cara atasi cat mobil agar tidak bergelembung yang paling mudah yaitu dengan memperhatikan lingkungan pengecatan. Pastikan Anda melakukan pengecatan dilingkungan yang nyaman dan baik.

Seperti yang kita ketahui saat kita melakukan cat mobil lingkungan sekitar kita harus benar-benar bersih dari debu dan minyak, hal ini bertujuan agar proses pengecatan mobil tersebut nantinya terlihat sempurna, namun ketika terdapat debu atau minyak tentu akan mempengaruhi hasil dari cat mobil yang dilakukan.

Cat yang Terlalu Tebal atau Kental

Penyebab cat mobil timbul bercak gelembung yang sering terjadi yaitu karena cat yang begitu tebal atau kental yang justru meleleh dan membentuk seperti aliran. Hal ini umumnya terjadi karena tekanan udara pada spray gun tidak terlalu kencang.

Solusi dan tips atasi cat mobil timbul bercak gelembung dari beberpa penyebab seperti diatas, timbul saat Anda melakukan prosses penghalusan kembali dan penyemprotan ulang. Namun ketika selesai melakukan pengecatan ulang justru timbul solvent popping atau gelembung udara kecil pada body mobil seperti bintik-bintik.

Sekian artikel ini mengenai beberapa penyebab cat mobil timbul bercak gelembung,dan tips mengatasinya. Semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih.

Mobil Terbaru

Limited
Promo
Best Seller
Best Seller
Best Seller

Related Article Penyebab Dan Tips Atasi Cat Mobil Timbul Bercak Gelembung

Monday 3 July 2017 | News & Info

Sekencang dan secangih apapun sebuah kendaraan baik mobil/motor pasti memiliki batas kecepatan maksimum yang harus kita ketahui. Saat Anda melakukan perjalanan jauh seperti mudik sebaran saat ini, pasti memacu…

Tuesday 4 July 2017 | News & Info

 Center ring merupakan komponen penting yang harus ada pada kendaraan Anda. Dalam pemanfaatannya center ring berfungsi untuk menumpu tempat velg sebagai presisi. Jika kita perhatikan tidak ada velg…

Wednesday 4 January 2017 | News & Info

Cara Menghilangkan Jamur pada Kaca Mobil dan Body Mobil mitsubishi semarang : Berwisata adalah kegiatan paling menyenangkan untuk mengisi waktu liburan.Namun kesenangan berwisata sering kali…

Please follow & like us :)

Follow by Email
Facebook
Facebook
Google+
http://mitsubishismg.com/penyebab-dan-tips-atasi-cat-mobil-timbul-bercak-gelembung
Twitter
Visit Us