PT. SUN STAR MOTOR SMG

Jl. Perintis Kemerdekaan 16 A, Banyumanik - SMG

Menu

Penyebab Kaca Mobil Pecah

Tuesday, January 15th 2019.

Kaca mobil merupakan salahsatu komponen fital yang ada pada mobil. Ketika kaca pecah akan menjadi masalah yang cukup serius karena dipastikan Anda harus membeli baru. Karena tak seperti kebanyakan komponen lain, kerusakan sedikit saja di kaca akan sulit untuk memperbaikinya. Jadi seperti istilah di toko, memecahkan berarti membeli.

Bukan itu saja, kaca pecah berbahaya bagi tubuh. Walaupun sudah memakai teknologi pengaman safety glass berupa butiran kecil saat pecah, toh ia tetap bisa melukai badan atau bahkan mata. Lantas kaca yang pecah juga membuat visibilitas terganggu.

Oleh sebab itu, vital bagi kita semua untuk menjaga kondisi kaca. Selain sengaja dipecahkan atau tabrakan, ada hal-hal lain yang bisa membuat kaca pecah seketika. Berikut adalah sejumlah hal yang bisa membuat kaca retak atau bahkan hancur.

batu  kerikil
Walau hanya tergeletak di jalan, bukan berarti batu dan kerikil tidak berbahaya. Mereka bisa bagaikan peluru ketika terinjak mobil di depan kita dan melayang. Ketika batu tersebut diterjang oleh kendaraan kita dengan kecepatan tinggi, ada kemungkinan tumbukan tersebut memecahkan kaca.

Beberapa jenis kerusakan kecil bisa diabaikan, namun kadang kerusakan kecil tersebut bisa merambat makin parah seiring berjalannya waktu. Untuk menghindarinya, sebaiknya Anda menjaga jarak lebih jauh ke kendaraan di depan ketika melewati daerah penuh kerikil dan batu.

elemen pemanas
Ini bukan sekadar mitos dan memang benar bisa terjadi. Bila Anda menyalakan elemen pemanas di kaca belakang saat siang dan dalam jangka waktu lama, maka akan terjadi pemuaian eksesif di kaca. Bila kebetulan celah muai yang disediakan pabrikan tidak memadai, maka akan timbul tekanan tinggi di kaca yang pada ujungnya bisa berakhir dengan pecah.

Untunglah hal ini tidak sering terjadi. Kebanyakan mobil saat ini memiliki ruang muai kaca memadai. Selain itu beberapa mobil telah memiliki pembatas waktu untuk elemen pemanas, dan secara otomatis mematikannya bila kita lupa.

Tapi daripada hal ini menimpa kita, sebaiknya hanya aktifkan elemen pemanas kaca di saat dingin dan berembun. Selalu pula cek status aktif tidaknya peranti ini tiap pagi sebelum berkendara. Siapa tahu kita lupa mematikan di malam sebelumnya.

pemasangan tidak benar
Sebaiknya perbaikan atau penggantian kaca dilakukan oleh bengkel resmi, apalagi bila kerusakan kaca disebabkan kecelakaan. Karena bila pemasangan kaca tak benar atau ruang muai kaca setelah perbaikan bodi tidak memadai, maka risiko terjadi tekanan tinggi di kaca akan semakin besar.

Sedangkan di bengkel resmi, sudah ada standar pemasangan kaca serta dudukannya. Mereka juga mampu mengembalikan dimensi dudukan kaca secara akurat seperti aslinya.

jalan rusak
Jangan sepelekan jalan bergelombang atau rusak. Bila kita melibasnya dengan terlalu kencang, maka ada kemungkinan kaca mendadak retak. Lantas biasanya keretakan macam ini akan terus merambat hingga akhirnya mengganggu atau bahkan pecah.

Mengapa jalanan rusak bisa memecahkan kaca? Jawabnya terletak pada rigiditas bodi yang berbeda di tiap mobil. Saat melewati jalan bergelombang, akan ada tekanan tak berimbang ke tiap sudut bodi. Nah bila bodi mobil berdefleksi terlalu besar, maka tekanan tersebut bisa menimpa kaca yang mengakibatkan kerusakan.

Dengan logika yang sama, kaca pun bisa pecah saat mobil kita berbenturan bodi, meski benturan itu tak langsung mengenai kaca.

Mobil Terbaru

Best Seller
Best Seller
Limited
Promo

Related Article Penyebab Kaca Mobil Pecah

Tuesday 25 December 2018 | News & Info

8 Penyebab Dan Cara Mengatasi Mobil Tidak Bisa Distarter Penyebab Dan Cara Mengatasi Mobil Tidak Bisa Distarter – Jika anda mempunyai mobil tentu anda harus mengetahui…

Friday 27 October 2017 | News & Info

Di ajang Tokyo Motor Show 2017 yang akan digelar di Tokyo Big Sight pada 25 Oktober-5 November 2017 nanti, Mitsubishi Motors akan membawa line up…

Mobil dengan transmisi matik memang menjadi pilihan tersendiri bagi calon konsumen atau pemilik kendaraan. Mobil dengan transmisi matik memang memiliki sistem berkendara yang terbilang jauh…

Please follow & like us :)

Follow by Email
Facebook
Facebook
Twitter
Visit Us