PT. SUN STAR MOTOR SMG

Jl. Perintis Kemerdekaan 16 A, Banyumanik - SMG

Menu

Penyebab Mobil Tidak Bertenaga di Tanjakan + Solusinya

Saturday, January 19th 2019.

Mobil Tdak Bertenaga – Jika kita jalan-jalan ke area pegunungan, kita pasti pernah melihat atau bahkan mengalami saat sedang menaiki sebuah tanjakan tiba-tiba mobil tidak kuat. Sehingga perlu bantuan oreang sekitar untuk mendorongnya. Sebagai orang awam, pasti kita bertanya-tanya mengapa tenaga mobil bisa drop di tanjakan ? padahal biasanya tidak. Untuk menjawab pertanyaan itu, kita bahas penyebab mobil tidak bertenaga di tanjakan dan cara mengatasi dibawah.

Untuk menaklukan medan terjal seperti tanjakan dan turunan, dibutuhkan sebuah mobil dengan spesifikasi khusus. Apalagi jika jalanan yang akan ditempuh bergelombang. Biasanya, mobil-mobil berjenis SUV yang paling jago dalam menaklukan tanjakan.

Namun bukan berarti mobil seperti sedan atau MPV tidak mampu menanjak. Untuk menaklukan medan tanjakan, dibutuhkan skill khusus bagi pengemudinya dan tipe mobil tidak terlalu berpengaruh sebetulnya. Artinya apapun mobilnya jika si supir handal maka bisa naik gunung.

Tapi, tidak selamanya mobil kuat untuk naik gunung. Sehandal apapun supirnya jika ada masalah pada mobil maka akan kesulitan untuk menaklukan tanjakan. Masalah inilah yang akan kita bahas berikut.

Penyebab Mesin Mobil Loss Power

Ada banyak hal yang menyebabkan mesin mobil hilang tenaga. Gejalanya, biasanya tidak terlalu nampak dan dirasakan setelah kita melakukan perjalanan ekstra seperti naik gunung. Beberapa penyebab itu antara lain ;

1. Pasokan Udara yang kurang

Udara merupakan salah satu indikator yang mempengaruhi output mesin. Sebetulnya, kualitas udara pegunungan yang berhawa sejuk memiliki efek baik untuk mesin. Karena udara dingin memiliki molekul yang kecil sehingga pasokan udara akan maksimal. Tapi jika ada masalah pada aur induction system, tetap saja tenaga mesin hilang.

Logikanya jika pasokan udara yang masuk kemesin kecil maka tenaganya jadi kecil. Mengapa pasokan udara bisa kecil ? karena ada hambatan pada jalur udara hingga intake manifold.

Hambatan tersebut bisa dari filter udara. Jika permukaan filter diselimuti debu dan kotoran, pastilah aliran udara ke dalam mesin tidak maksimal. Sehingga output turun.

Selain itu, jika mobil anda berteknologi EFi atau DBW (Drive by wire) kotoran bisa tersumbat dibagian throtle body. Gejala awalnya putaran langsam/idle mobil naik turun. Saat mobil dipaksakan naik gunung maka power akan turun karena pasokan udara terhambat kotoran di rongga throtle.

Solusinya, sebelum melakukan perjalanan ekstra atau jauh pastikan kebersihan kedua komponen diatas. Jika perlu, ganti filter udara mobil jika permukaan filter sudah berwarna hitam.

2. Saluran bahan bakar kotor

Saluran bahan bakar mobil terdiri dari tanki hingga injektor. Jika ada kotoran masuk ke sistem injeksi, otomatis akan terjadi sumbatan. Sumbatan pada sistem injeksi mobil bisa mengakibatkan mesin pincang, loss power bahkan mogok.

Komponen yang rawan tersumbat yakni di daerah filter bensin. Komponen ini akan memisahkan sisi bensin yang bersih dan kotor. Namun, kotoran pada filter yang menumpuk bisa menyebabkan sumbatan pasokan bensin. Sehingga suplai bensin ke mesin terganggu.

Komponen lain yang juga rawan tersumbat ialah injektor. Komponen elektrik ini memiliki niple jet cukup kecil, Jika nipel jet ini kemasukan kotoran, maka bisa menghambat penyemprotan bensin ke intake manifold. Sehingga campuran lebih miskin dan tenaga mesin loyo.

Solusinya, seperti biasa bersihkan komponen fuel filter dari kotoran. Jika filter anda bertipe sekali pakai ya cek dulu, apabila masih OK pakai saja. Jika kurang OK ganti dengan yang baru. Penggantian fuel filter biasanya sudah terjadwal pada service berkala mobil.

Recent search terms:

  • pasokan rem tekan logam LAYANAN PT

Mobil Terbaru

Best Seller
Promo
Limited
Best Seller

Related Article Penyebab Mobil Tidak Bertenaga di Tanjakan + Solusinya

Salah satu efek yang mengancam para pemilik alat transportasi roda empat atau mobil ialah instrumen kepanasan (overheat). kalau mobil anda mempunyai permasalahan tersebut hati-hati, jadinya…

kondisi yang setidaknya mendongkolkan saat menyambangi menyongsong belan pada mobil ialah suatu hal yang mengakibatkan mobil tersebut tidak dapat melakukan starting engine. serta biasanya pada…

Salah satu ancaman yang mengancam para pemilik kendaraan cakra empat alias mobil yakni alat kemarahan (overheat). apabila mobil anda menyandang masalah tersebut hati-hati, alhasil mampu…

Please follow & like us :)

Follow by Email
Facebook
Facebook
Twitter
Visit Us