PT. SUN STAR MOTOR SMG

Jl. Perintis Kemerdekaan 16 A, Banyumanik - SMG

Menu

Penyebab Motor Kurang Tenaga dan Cara Mengatasinya

Saturday, January 19th 2019.

Motor yang kurang tenaga memang sangat menyebalkan, karena akan terasa sangat berat dan tidak mau “lari” meskipun gas sudah ditarik dalam – dalam. Hal ini malahan akan menyebabkan motor menjad lebih boros dari biasanya. Apa saja yang menyebabkan motor kurang tenaga? Berikut ini adalah beberapa hal yang menyebabkan motor kurang tenaga :

ads

1. Ada kerak yang menumpuk pada ruang bakar

Faktor pertama yang dapat menyebabkan motor kurang tenaga adalah karena faktor kerak yang menumpuk pada ruang bakar. Ya, kerak sendiri merupakan salah satu hasil pembakaran yang dilakukan oleh sistem pembakaran motor anda. Sisa pembakaran ini, sama seperti ketika kita memasak di kompor, yang akan memunculkan banyak sisa – sisa pembakaran berupa jelaga ataupum karbon hitam yang menempel pada bagian piston dan juga ruang bakar. Ketika jelaga atau kerak karbon ini menumpuk, maka hal ini akan menghambat proses pembakaran pada motor anda. Terhambatnya proses pembakaran motor anda akibat kerak ini akan menyebabkan motor kurang tenaga, dan menuru kan power secara signifikan.

Bagaimana mengatasi hal ini?

Nah, lalu bagaimana cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi endapan kerak karbon dan juga jelaga sisa pembakaran di dalam ruang bakar ini? Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk membersihkan kerak tersebut, yaitu :

  • Gunakan bahan bakar beroktan 92 atau lebih untuk merontokkan sisa sisa pembakaran yang menempel. Bahan bakar oktan 92 efektif untuk melunturkan jelaga dan juga kerak pada ruang bakar, sehingga bisa menjadi pertolongan pertama dalam membersihkan ruang bakar motor anda.
  • Gunakan carb cleaner dengan cara menyemprotkan carb cleaner melalui lubang busi motor anda. Setelah itu, nyalakan motor anda, dan gas dengan rpm tinggi. Ini akan membantu anda dalam mengeluarkan sisa sisa kerak yang masih menempel pada ruang bakar anda.

2. Setelan karburator yang tidak tepat

Faktor kedua yang bisa menyebabkan motor kurang tenaga adalah karena kesalahan pada penyetelan karburator motor anda. Hal ini bisa terjadi ketika setelan karburator motor anda mengalami settingan yang salah dan kurang tepat. Setelan itu bisa berasal dari setelan angin dan juga setelan bensin pada karburator. Selain itu, ada beberapa hal lagi berkaitan dengan bagian karburator yang menyebabkan motor kurang tenaga, yaitu :

  • Karburator kotor
  • Pilot jet dan main jet memiliki ukuran yang tidak sesuai dengan spesifikasi mesin
  • Jarum skep mengalami masalah

Bagaimana mengatasi hal ini?

Untuk mengatasi hal ini, cara terbaik adalah melakukan servis terhadap komponen karburator motor anda. Servis akan membuat karburator motor anda menjadi lebih bersih, dan tidak tersumbat sehingga dapat mencegah motor kurang tenaga.

Mobil Terbaru

Limited
Best Seller
Best Seller

Related Article Penyebab Motor Kurang Tenaga dan Cara Mengatasinya

Banyak kerugian yang muncul pasca bencana tsunami seperti terjadi di Kota Palu dan Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah. Bukan cuma bangunan dan orang, kendaraan seperti motor dan mobil juga…

Mobil yang sulit distarter atau mogok bisa terjadi kapan saja dan terjadi mobil jenis apa saja. Bahkan, kejadian selama ini membuktikan, mobil yang  sebelumnya tidak menunjukkan…

Peningkatan jumlah pengguna mobil di Indonesia dari tahun ke tahun nyatanya semakin bertambah banyak. Mobil sendiri sekarang sudah tidak menjadi salah satu barang yang dianggap…

Please follow & like us :)

Follow by Email
Facebook
Facebook
Google+
http://mitsubishismg.com/penyebab-motor-kurang-tenaga-dan-cara-mengatasinya
Twitter
Visit Us