PT. SUN STAR MOTOR SMG

Jl. Perintis Kemerdekaan 16 A, Banyumanik - SMG

Menu

Penyebab Tenaga Mesin Mobil Terasa Ngempos saat Digas di Tanjakan

Saturday, January 19th 2019.

Ketika anda merasakan tenaga pada mesin mobil anda seperti ngempos, perjalanan akan menjadi kurang menyenangkan. Rasa was-was akan menyelimuti. Terlebih jika harus masuk ke dalam jalan tol.

Masalah mobil yang mungkin sering dijumpai adalah gangguan pada gas. Gangguan ini biasanya berbentuk tidak berfungsinya gas ataupun tenaga mesin mobil ngempos ketika diperjalanan. Kondisi tersebut bisa disebabkan oleh beberapa faktor yang pastinya harus dipahami oleh setiap pengguna mobil. Biasanya hal ini terjadi pada umur mobil yang sudah tua.

Tidak bisa dipungkiri ternyata masalah tersebut bisa dijumpai pada setiap mobil meski umurnya belum terlalu tua. Tenaga mobil lama kelamaan bisa semakin berkurang jika tidak dirawat dengan baik. Jika tenaga mobil sudah berkurang bisa dipastikan akan ada kelainan pada mesinnya. Sebagai pengemudi sejati alangkah lebih baiknya anda mengetahui penyebab mesin nyepos dan cara menanganinya.

Penyebab Tenaga Mesin Mobil Ngempos dan Cara Mengatasinya

1. Overheating Mesin Mobil

Penyebab gas mobil menjadi ngempos serta bertenaga yang pertama adalah karena mesin mobil mengalami overheating. Masalah ini biasanya akibat dari sistem pendingin mobil yang tidak bekerja secara optimal dan menyebabkan komponen di dalamnya mengalami kondisi metal memuai drastis.

Hal ini biasanya terjadi pada bagian piston ataupun mesin silinder pada mesin mobil. Jika piston ini ikut memuai maka bisa diprediksi pergesekannya dengan bagian dinding silinder akan bertambah besar. Masalah ini bisa menimbulkan tenaga pada mesin menjadi berkurang bahkan menghilang dan hal ini bisa berpengaruh ke penggunaan gas mobilnya.

Gas mobil ngempos ini bisa diatasi dengan merawat bagian piston secara rutin. Lakukan servis sesuai anjuran bengkel untuk mengurangi risiko kerusakan lainnya. jika masalah ini terus terjadi pada mobil anda segera bawa ke bengkel untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

2. Filter Udara yang Kotor

Penyebab tenaga mesin mobil ngempos bisa datang dari filter udara yang kotor. Filter udara yang kotor akan meyumbat sirkulasi udara sehingga komponen lain tidak bisa melakukan proses pembakaran dengan sempurna. Disamping itu, filter udara yang kotor bisa membuat komponen lainnya menjadi karatan dan tidak berfungsi dengan baik.

Hal yang harus dilakukan adalah dengan membersihkan filter udara secara rutin. Jika filter udara sudah dipenuhi kotoran sebaiknya bersihkan di bengkel. Hal ini tentunya masih ringan jika dibandingkan dengan membeli komponen mesin baru.

3. Sistem Pembakaran yang Bermasalah

Masalah selanjutnya bisa datang dari proses pengapian. Proses ini merupakan proses penting untung menyuplay tenaga dari komponen lain ke bagian yang membutuhkan. Proses ini sangat berhubungan dengan bagian pembakaran. Jika proses perapian mengalami masalah, maka proses pembakaran juga akan bermasalah.

Proses pembakaran yang bermasalah akan mengurangi energy pada mesin mobil sehingga membuatnya ngempos. Maka jika anda menjumpai masalah ini periksalah bagian filter udara untuk melihat kebersihannya. Jika masalahnya bukan berasal dari sana segera bawa mobil ke bengkel untuk mendapatkan perbaikan dari tenaga ahli.

4. Busi yang Kotor

Busi merupakan komponen yang mempunyai peran penting dalam proses pembakaran mesin. Hal ini disebabkan karena hasil akhir dari proses tersebut mempunyai pengaruh besar dari kinerja busi. Busi berkualitas akan menghasilkan energy yang baik dari proses pembakaran sempurna. Maka jika busi kotor akan menghambat kinerja komponenen mesin lainnya.

Busi yang kotor biasanya dibalut oleh kotoran berkerak dan bisa menyebabkan gas pada mobil menjadi lemah. Membersihkan busi dari kotoran mampu menghindari tumbuhnya kerak dan menjaga kinerja mesin mobil anda. Penyebab tenaga mesin mobil ngempos dapat dihindari oleh busi yang bersih dari kotoran.

Itulah beberapa sebab dan solusi mengatasi masalah tenaga mesin mobil ngempos. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua.

5. Kelistrikan Mobil Tidak Stabil

Dengan tidak stabilnya kelistrikan, pembakaran pada mobil akan terganggu. Akibatnya, tenaga mesin mobil akan mengalami ngempos.

Untuk mengatasi masalah tersebut, menambahkan volt stabilizer merupakan cara terbaik. Anda dapat menggunakan JS One sebagai solusi.

Adapun beberapa kelebihan yang dimiliki oleh JS One di antaranya adalah:

  • Menstabilkan kelistrikan mobil secara permanen
  • Meningkatkan tenaga mobil secara signifikan
  • Menambah kecepatan mobil
  • Menjadikan konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit

Mobil Terbaru

Promo
Best Seller
Best Seller

Related Article Penyebab Tenaga Mesin Mobil Terasa Ngempos saat Digas di Tanjakan

CD tidak bisa diputar di mobil – pernahkah anda mengalami kejadian dimana ketika anda hendak memutar lagu kesayangan dari CD yang dibeli di pinggir jalan kedalam…

Melihat lampu indikator check engine mobil yang menyala, bisa mengganggu ketenangan berkendara bahkan membuat frustasi. Lampu indikator sekecil itu bisa sangat mengganggu jika kita tidak tahu masalah…

Tuesday 13 June 2017 | News & Info

Posisi ban depan mobil merupakan salah satu yang harus diperhatikan saat parkir. Banyak masyarakat berasumsi bahwa saat memarkirkan mobil posisi ban depan harus lurus, jika…

Please follow & like us :)

Follow by Email
Facebook
Facebook
Google+
http://mitsubishismg.com/penyebab-tenaga-mesin-mobil-terasa-ngempos-saat-digas-di-tanjakan
Twitter
Visit Us