PT. SUN STAR MOTOR SMG

Jl. Perintis Kemerdekaan 16 A, Banyumanik - SMG

Menu

Perawatan,Pengecekan Dan Perbaikan Ac Mobil

Friday, January 20th 2017.

Perawatan,Pengecekan Dan Perbaikan Ac Mobil

mitsubishismg.com – Kita perlu paham mengenai Perawatan,Pengecekan Dan Perbaikan AC Mobil. Mempelajari tentang cara memperbaiki dan memahami secara utuh sistem kerja ac mobil dan langkah-langkahnya tidaklah sulit jika kita mau sedikit meluangkan waktu untuk belajar. Kita harus tau setiap saat kondisi ac mobil kita,untuk menjaga nilai perawatan sebuah mobil.

Jika kita memiliki pengetahuan mengenai AC mobil dari perawatan berkala,pengecekan sampai perbaikan AC mobil tentu,kita tidak perlu pergi ke tempas servis ac mobil. Dalam sistem AC Mobil ada beberapa gabungan komponen yang berkerja sesuai fungsinya,sehingga bisa mengatur suhu ruangan mobil.

Berikut ini adalah Langkah Perawatan,Pengecekan Berkala Dan Perbaikan AC Mobil :

a). Lakukan Pengecekan Pada Kompresor Mobil.

Kompresor Mobil terdiri dari 2 komponen utama diantaranya komponen Kompressor dan Magnetik Clutch.

Untuk Pengecekan Kompressor AC Mobil yaitu dengan cara Cek Fisik apakah terdapat oli pada dinding kompressor,jika terlihat oli dapa dinding mobil artinya Kompressor mengalami kebocoran. Langkah selanjutnya cari tahu sebab kebocoran dan dari mana asal kebocoran oli,mungkin dari mesin atau dari kompressor. Pada bagian Kompressor AC Mobil yang umumnya terjadi kebocoran Freon yang bercampur dengan oli ialah Packing antara cover depan dan cover belakang. Periksa juga sambungan Pipa Kompressor dari pipa high maupun pipa low. Terkahir periksa  Seal Shaft Kompressor atau Reliev Valve.

b) Lakukan Pengecekan Pada Magneting Clutch atau Kopling Magnet.

Untuk Pengecekan Kopling Magnet kita sebaiknya mengetahui fungsinya, Fungsi Kopling Magnet adalah sebagai penghubung putaran mesin dari puli ke kompressor. Pemeriksaan pada bagian Kopling magnet dilihat dari fisik diantara pengecekanya :

Armature Assembly atau Center Piece tertarik oleh komponen magnet saat AC Mobil hidup. Amati saat proses pergerakan Center Piece apakah terdapat bunyi tidak wajar,mungkin juga terdapat selipan. Jika terjadi suara keras dan tidak wajar kemungkinan besar terjadi keausan pada permukaan armature assembly dengan permukaan puli,bisa juga jarak kerenggangan terlalu jauh. Jika celah terlalu jauh bisa mengakibatkan kadang terhubung dan tidaknya, apalagi jika suhu Kompressor sudah panas. Karena komponen magnet akan lemah menarik komponen center piece jika kompressor panas.

Jarak antara puli dan center piece yang tepat adalah 0,24mm – 0,5mm. Jarak antara puli dan center piece ditentukan oleh komponen ring plat yakni ketebalan ring plat. ring plat ini digunakan antara center piece dengan as kompressor. Terjadinya jarak atau jelah biasanya faktor usia pemakan sparepart tersebut.

Hal ini disebabkan pada saat Ac MObil maka permukaan center piece yang diam tiba-tiba bergerak menggerakan puli yang berputar terus-menerus. Hal ini terjadi saat AC dalam keadaan On-Off dan sebaliknya. Maka kerusakan ini terjadi pula karena sering mematikan dan menghidupkan ac mobil.

Jarak antara puli dan center piece bisa mengakibatkan armature assembly putus pada plat pegasnya,hal ini ditandai dengan bunyi yang keras. Kemungkinan selanjutnya jarak atau celah yang terlalu jauh mengakibatkan magnetik clutch tidak mampu menarik center piece.

c) Pemeriksaan Kondensor Ac Mobil.

Lihat permukaan sirip-sirp kondensor,apakah terdapat penyok atau kotor. Lihat juga apakah terdapat oli yang menandakan ada kebocoran pada kondensor. Periksa mungkin terdapat kotoran yang menumpuk karena hal ini mempengaruhi proses pendinginan kondensor.

d) Lakukan Pengecekan Pada Bagian Pipa-pipa AC dan Selang Flexible.

Periksa baik pipa berbahan alumunium ataupun pipa flexible dari kebocoran,terdapat keretakan,atau terjepit sehingga mengakibatkan kebocoran pipa.

Periksa seluruh sambungan pada pipa tersebut,jika terdapat kebocoran kemungkinan terdapat basah oli ac. Periksa juga service valve dari kemungkinan kebocoran.

“service valve = pentil pada pipa ac untuk pengisian dan pembuangan freon”

e) Pemeriksaan Pada Expansi Valve.

Katup Ekpansi pada mobil terdapat beberapa jenis. Jenis katup expansi yang binya kita periksa kondisi dari luar yang berbentuk kotak. Komponen ini diletakan di rumah Evaporator. Untuk pengecekannya dengan melihat katup expansi apakah terlihat kebocoran atau tidak. Jenis katup expansi yang kedua yakni berada didalam rumah evaporator. kita tidak bisa memeriksa secara fisik tetapi kita bisa melakukan pengecekan dengan tekanan ukur.( hanya tekninya yang bisa melakukan hal ini).

d) Lakukan Pengecekan Receive Drive.

Fungsi dari Receive Drive : Menyaring kotoran agar tidak masuk ke Expansi Valve. Periksa sambungan In -Out karena pada bagian ini sering terjadi kebocoran freon atau oli ac disebabkan sil yang sudah lama mengeras atau sambungan kurang kencang.

Lihat kondisi freon melalui sight glass apakah terlihat bersih atau menghitam. Lakukan pergantian jika terdapat warna hitam yang dominan pada receive drive.

e) Lakukan Pemeriksaan Evaporator.

Cara Pemeriksaan Evaporator yang termudah yakni dengan menghembuskan angin melalui girll ac. Jika hembusan ac angin kurang kencang maka efek yang ditimbulkan kurang dingin. Bersihkan Evaporator jika terdapat kotoran.

f) Pemeriksaan Blower

Pengecekan pada komponen Blower sangat mudah,dengan mendengarkan putaran blower apakah terdengar kasar atau suara yang tidak normal. Kerusakan yang ditimbukan biasanya dikarenakan bushing motor blower sudah mengalami keausan. Jika terjadi demikan maka segera mungkin Bushing Motor Blower.

g) Pengcekakan Fan Kondensor.

Fan Konddensor yang jadi satu dengan fan radiator sangat perlu kita amati hembusan angin,dan arah hembusan angin juga. Lakukan juga pengecekan terhadap soket pada kabel kondensor. Lakukan pergantian jika komponen ini mengalami kerusakan.

h) Pengecekan komponen Drive belt.

KOmponen Drive belt pasa ac mobil terhubung antara puli kompressor ac dengan puli crankshatf mesin. Pengecekanya dengan mengamati apakah terlihat retak-retak atau putus. Jika Drive Belt sudah usang,sebaiknya lakukan pergantian.

i) Pengecekan Jumlah Freon Pada Ac Mobil.

Pemeriksaan jumpah freon ac mobil dengan melihat sight glass,yang terdapat pada receiver drive. Beberapa Mobil letak sight glass ada dibagian saluran pipa tekanan tinggi.

CARA PENGECEKAN JUMLAH FREON AC MOBIL MELALUI SIGHT GLASS.

Hidupkan mesin mobil.(jika terlihat gelembung-gelembung berwarna putih saat putaran normal,dan berubah warna menjadi bening saat digas maka freon ac mobil cukup). sebaliknya jika putaran mesin normal dan di gas sama saja menunjukan warna gelembung berarti freon mobil kurang atau bisa terjadi karena tersumbat oleh banyaknya oli. Jika sight glass terlihat warna putih saat putaran mesin normal atau digas pertanda kelebihan freon.

saran: Untuk melihat tekanan freon yang tepat,sebaiknya mengunakan alat khusus yang disebut MANOMETER GAUGE sebagai alat terpenting untuk service AC mobil.

Semoga bermanfaat.

Mobil Terbaru

Best Seller
Promo
Best Seller
Limited
Best Seller

Related Article Perawatan,Pengecekan Dan Perbaikan Ac Mobil

Thursday 1 June 2017 | News & Info

Kendaraan mobil saat ini memang banyak digandrungi oleh masyarakat kita di Indonesia, tak jarang jika akhirnya mereka selalu memperhatikan kondisi mobil kesayangannya tersebut. Mulai dari…

Monday 24 July 2017 | News & Info

Jakarta – Mitsubishi merilis harga mobil MPV anyar mereka. Mobil dijual mulai Rp 189 juta sampai Rp 246 jutaan. Harga ini masih kisaran dengan 6 varian…

Saturday 7 January 2017 | News & Info

Tips Paling Baik Menyalip atau Mendahului Kendaraan Lain Dengan Mengemudikan Mobil Menyalip atau mendahului kendaraan lain menggunakan mobil adalah salah satu dari bagian mengemudi yang…

Please follow & like us :)

Follow by Email
Facebook
Facebook
Google+
http://mitsubishismg.com/perawatanpengecekan-dan-perbaikan-ac-mobil
Twitter
Visit Us