PT. SUN STAR MOTOR SMG

Jl. Perintis Kemerdekaan 16 A, Banyumanik - SMG

Menu

TAHUKAH ANDA APA SAJA PENYEBAB BOCORNYA OLI KENDARAAN?

Wednesday, January 23rd 2019.

Pernahkah Anda mengalami kebocoran oli pada kendaraan Anda?

Kebocoran oli merupakan salah satu masalah yang bisa saja terjadi kepada Anda dan jikalau itu terjadi, mungkin itu merupakan hari yang kurang beruntung bagi Anda.  Bagaimana tidak, saat Anda yang sedang melakukan perjalanan ke tujuan tiba-tiba harus mengalami kebocoran oli pada mesin kendaraan, atau yang biasanya dibilang sebagai oli merembes. Oli bocor juga tidak bisa dibiarkan begitu saja, karena jika dibiarkan bisa saja akan menimbulkan resiko munculnya kebakaran pada mesin.

Kebocoran atau oli yang merembes memang menyebalkan karena titik kebocoran oli yang ada dikendaraan Anda biasanya muncul bukan hanya di satu tempat di mesin mobil ataupun motor Anda. Dari satu titik kecil kemudian secara perlahan bertambah banyak dan bisa menjadi masalah besar bagi kendaraan Anda. Karena oli yang merembes tersebut akan membuat volume oli menjadi habis dan tentu saja kendaraan  tidak akan bisa bekerja tanpa oli. Lalu, bagaimana cara mengatasi kebocoran atau oli merembes?

Sebelum mengetahui cara mengatasinya, mari kita cari tahu apa penyebab oli bocor pada umumnya:

  • Kerusakan atau aus pada filter oli

Filter oli yang tidak diganti pada waktu yang lama dapat menjadi kotor, bergeser dan bahkan rusak. Hal tersebut dapat menjadi salah satu alasan kebocoran oli. Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan pengecekan ke bengkel bersamaan dengan servis rutin. Tanyakan pada mekanik bengkel untuk melakukan pemeriksaan pada filter oli.

  • Tutup oli pada mesin yang tidak rapat atau hilang

Jika Anda kurang teliti dan teledor pada saat mengganti oli, bisa saja kap atau tutup filler oli yang menjadi penyebab bocornya oli. Ketika kap atau tutup filler oli tidak tertutup dengan rapat atau bahkan hilang, oli bisa saja keluar setiap mobil Anda melewati polisi tidur atau lobang di jalan. Yang perlu Anda lakukan adalah selalu ingat untuk mengecek apabila kap atau tutup filler oli sudah tertutup dengan rapat dan tidak hilang, setiap Anda melakukan penggantian oli. Anda juga bisa mengingatkan mekanik bengkel Anda.

  • Baut oli yang longgar, geser atau rusak

Oli adalah cairan. Dan seperti yang Anda ketahui cairan bisa keluar dari lubang sekecil apapun, sehingga jika ada kelonggaran pada baut sedikit saja bisa jadi penyebab kebocoran oli. Baut oli yang sudah termakan usia memang bisa bergeser dan menjadi longgar, jadi Anda perlu perhatikan untuk selalu mengecek dan mengganti baut oli secara berkala untuk mencegah kebocoran pada oli.

  • Bak oli yang rusak

Bak oli bisa saja rusak jika terkena batu atau benda lainnya yang mengakibatkan bengkok pada bak oli. Bengkoknya bak oli dapat membuat penutupnya menjadi longgar bahkan rusak, sehingga kebocoran oli mungkin saja terjadi. Untuk mencegahnya, Anda bisa lebih bijak dalam memilih perjalanan Anda untuk tidak melewati tempat-tempat dengan jalan atau aspal dengan kerikil dan bebatuan yang bisa merusak bak oli mobil Anda.

  • Silinder head/gasket

Silinder head atau gasket yang terdapat pada mobil lama yang sudah dipakai dapat rusak dan menyebabkan bocor karena oli yang ada mengental dan menciptakan lumpur. Hal ini biasanya merupakan penyebab oli bocor yang paling umum. Kerusakan yang diciptakan bisa menyebabkan bocor kecil dan jika dibiarkan terus menerus, dapat menjadi lebih besar.

Yang perlu Anda lakukan sebenarnya simple, Anda hanya cukup melakukan pengecekan dan maintenance mobil Anda secara berkala dan dilakukan dengan benar. Pilih bengkel yang sudah dipercaya agar keawetan kendaraan Anda tetap terjaga.

Mobil Terbaru

Limited
Best Seller
Best Seller

Related Article TAHUKAH ANDA APA SAJA PENYEBAB BOCORNYA OLI KENDARAAN?

dalam kondisi berhenti mesin hidup normal rpm stabil, tapi sewaktu berjalan langsam kecepatan 10 km/jam terasa nyendat-nyendat kalau mau di tambah kecepatan. Hal itu terjadi…

Saturday 22 July 2017 | News & Info

Kaca spion kendaraan adalah salah satu benda atau komponen mobil yang sangat penting. Tapi sayangnya kaca spion ini tidak ada banyak perubahan di zaman yang serba maju dan…

Timing belt atau timing chain merupakan komponen yang sangat penting di mobil. Timing belt atau timing chain berfungsi menghubungkan crankshaft dan camshaft agar katup-katup mesin bisa membuka dan menutup dengan waktu yang tepat.…

Please follow & like us :)

Follow by Email
Facebook
Facebook
Google+
http://mitsubishismg.com/tahukah-anda-apa-saja-penyebab-bocornya-oli-kendaraan
Twitter
Visit Us