PT. SUN STAR MOTOR SMG

Jl. Perintis Kemerdekaan 16 A, Banyumanik - SMG

Menu

Tanda Saatnya Ganti Shockbreaker Mobil, Berapa Lama Usia Pakai Shockbreaker?

Tuesday, January 15th 2019.

Tanda harus ganti shock breaker mobil

Salah satu bagian penting dari mobil adalah suspensi, dan komponen utama dari suspensi adalah shockbreaker atau sering juga disebut shock absorber. Kapan shockbreaker harus diganti? Apa tanda-tanda saatnya ganti shockbreaker? Ketahui jawabannya dengan membaca artikel ini hingga selesai.

Shockbreaker berfungsi sesuai namanya, yaitu peredam guncangan, sehingga bagian tersebut berperan penting pada kenyamanan berkendara. Shock absorber inilah yang membuat mobil terasa aman dan nyaman saat melalui jalanan bergelombang.

Selain itu, komponen suspensi ini juga berperan pada keselamatan mengemudi, sehingga kondisinya perlu mendapat perhatian dan perawatan khusus.

 

Fungsi dan Jenis Shockbreaker

Ada dua jenis shockbreaker, yaitu shock absorber dan strut. Pada mobil modern, biasanya Shock Absorber berada di roda belakang dan tipe strut ada di roda depan. Namun ada beberapa mobil yang menggunakan strut pada tiap rodanya.

Perbedaan shock absorber dan strut adalah rancangannya dimana strut menyatukan pegas dan peredam kejut, sedangkan shock absorber hanya peredam kejut saja.

Banyak yang salah pengertian mengenai fungsi shock aborber ini, khususnya di kalangan awam. Tidak sedikit orang menganggapnya berfungsi untuk membuat mobil dapat mengayun saat melewati jalanan tidak rata atau lubang.

Padahal fungsi tersebut diperankan oleh per atau pegas yang bisa berupa koil atau per pelat. Sedangkan tugas shock breaker adalah mengurangi efek ayunan atau hentakan berlebihan yang dihasilkan pegas. Hasilnya mobil mengayun tapi dalam takaran yang pas, sehingga membuat penumpang mobil merasa nyaman.

Shock absorber dan strut bekerja terus menerus baik mobilnya bergerak atau diam. Bagian ini hanya akan beristirahat saat mobil di angkat dengan dongkrak atau lifter di bengkel atau tempat cuci mobil.

Oleh karena fungsi menopang mobil terus-menerus tersebut, shock breaker punya usia pakai terbatas. Sehingga mau tidak mau pada usia dan jarak tempuh tertentu harus diganti dengan yang baru.

Mobil Terbaru

Best Seller
Best Seller
Limited
Best Seller
Best Seller

Related Article Tanda Saatnya Ganti Shockbreaker Mobil, Berapa Lama Usia Pakai Shockbreaker?

Apakah di mobil Anda – baik di dalam maupun di luar kabin – kerap berbunyi atau bersuara aneh? Waspadalah, terlebih bila suara tersebut tidak pernah…

Wednesday 4 January 2017 | News & Info

Cara Merawat dan Tune-up Mobil Mitsubishi Pajero Sport dealer mitsubishi semarang : Pengertian tune-up adalah melakukan penyetelan kembali kondisi mesin mobil sesuai dengan setelan atau…

Mesin Mobil terdapat yang namanya timing belt, adapun fungsinya adalah sebagai penerus putaran yang terjadi pada poros engkol menuju poros cam shaft. Jika komponen ini…

Please follow & like us :)

Follow by Email
Facebook
Facebook
Google+
http://mitsubishismg.com/tanda-saatnya-ganti-shockbreaker-mobil-berapa-lama-usia-pakai-shockbreaker
Twitter
Visit Us