PT. SUN STAR MOTOR SMG

Jl. Perintis Kemerdekaan 16 A, Banyumanik - SMG

Menu

Ternyata Ini Masalah di Balik Mesin Mobil Susah Menyala

Saturday, January 19th 2019.

Ketika mengendarai mobil pasti pernah mengalami kesulitan menghidupkan mesin dalam keadaan mesin panas. Padahal, ketika mesin dingin tidak apa-apa. Hal itu bukan sesuatu yang aneh, biasanya memang kelistrikan mobil kerap mengalami masalah secara tiba-tiba tanpa sebelumnya disertai dengan tanda-tanda akan mengalami kerusakan.

Dikutip dari lama penyebab utama ‘penyakit’ tersebut adalah karena pemilik mobil tidak rajin merawat kondisi mobil. Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan hal itu terjadi, bisa karena faktor kerusakan dari sistem kelistrikan ataupun dari kerusakan komponen mesin yang sifatnya sangat kompleks.

Beberapa orang terlalu cepat menafsirkan masalah ini adalah karena aki yang soak dan mengganti aki mobil. Namun tidak selalu melulu kesalahan di aki, kerusakan juga bisa terjadi pada dinamo starter. Gejala kerusakan dinamo starterdan aki soak memang mirip.

Biasanya, kalau aki soak mobil tidak mau di-starter terus-menerus, pagi, siang, malam. Sehingga, harus ada analisa lanjutan untuk menentukan kerusakannya.

Aki memang merupakan sumber dari kelistrikan pada mobil yang sangat mempunyai pengaruh besar terhadap suplai arus listrik, bagian ini yang harus pertama kali di cek kondisinya jika mobil menunjukkan ada masalah suplai arus listrik.

Kalau aki atau dalam bahasa otomotifnya accu sudah terlihat kurang cairan dan umur aki sudah lebih dari dua tahun juga bisa menyebabkan aki tekor dan tidak kuat mengalirkan arus untuk starter mesin mobil.

Kemudian, periksa juga kabel kutub pada aki, jika kotor karena kerak ataupun jamur dan soket kepala aki kendor bisa membuat aliran listrik mobil terganggu. Aki yang rusak, tekor, atau soak, ditandai dengan mobil yang tidak bisa dihidupkan pada pagi hari.

Untuk mobil dengan transmisi manual, didorong dan mobil hidup, lalu mesin panas, dan ketika dimatikan lagi, mobil gampang dihidupkan lagi.

Apabila dinamo starter yang rusak, mobil biasanya akan mudah dinyalakan saat mesin dingin. Namun saat dalam keadaan mesin panas, susah menyalakan mobil, walhasil pemilik mobil harus menunggu temperatur kembali dingin untuk menyalakannya kembali.

Bila dinamo starter rusak biasanya saat kunci kontak diputar tidak ada listrik sama sekali. Segera perbaiki atau ganti dinamo dengan yang baru. Kerusakan juga bisa terjadi pada gear dinamo starter yang rusak, tandanya jika terdengar suara dinamo berfungsi namun hanya terdengar lepas / los sehingga tidak dapat menghidupkan putaran mesin.

Kerusakan ini biasanya terjadi karena bendix, atau arangnya habis, selain itu hal ini juga dapat terjadi karena ada masalah pada gulungannya.

Recent search terms:

  • aki tekor sama sekali Mitsubishi Triton 2019

Mobil Terbaru

Best Seller
Best Seller
Best Seller

Related Article Ternyata Ini Masalah di Balik Mesin Mobil Susah Menyala

Kaca mobil yang retak dapat diperbaiki dengan teknik lem | Guas /Shutterstock Jangan gusar bila mendapati kaca retak pada mobil Anda. Sekarang teknologi dapat membantu memperbaiki kerusakan tersebut. Audy,…

Friday 9 June 2017 | News & Info

Banyak pemilik mobil ingin memodifikasi mobilnya agar tampil lebih mewah dan futuristik serta terlihat tampil beda. Salah satu modifikasi yang banyak diminati saat ini adalah…

Para pemilik mobil kerap tidak menyadari bahwa ongkos yang mereka bayar saat membawa kendaraannya sejatinya jauh lebih besar dari yang seharusnya. Hal itu terjadi karena…

Please follow & like us :)

Follow by Email
Facebook
Facebook
Twitter
Visit Us